Penggagas KLB Demokrat Sesali Pernah Berjuang Menangkan SBY Jadi Ketum Demokrat

Laporan: Lilis
Selasa, 09 Maret 2021 | 18:43 WIB
SBY (Dok. Instagram sbylovers)
SBY (Dok. Instagram sbylovers)

sinpo, Penggagas Kongres Luar Biasa (KLB) Demokrat Deli Serdang, Darmizal mengatakan pernah menjadi sala satu aktior yang membuat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dua kali menjadi ketua umum Demokrat. Ia mengakui hal tersebut sebagai kesalahan fatalnya.

"Pada kongres Partai Demokrat yang ke 4, di Surabaya, dimana SBY maju lagi sebagai calon ketua umum dan saya adala salah satu aktor," katanya dalam siaran daring, Selasa (9/3/2021).

Calon ketua umum, ia menambahkan tak hanya SBY, tapi juga ada Marzuki Alie. Bahkan Marzuki secara de facto mendapatkan dukungan luar biasa dari kader-kader Partai Demokrat di DPD dan cabang. 

"Kenapa saya harus berjuang menghantar SBY untuk periode kedua sebagai ketum. Sesungguhnya ini adalah satu kesalahan fatal saya, dan saya harus pertanggungjawabkan di hadapan semua kawan-kawan dan kader, dan kelak di hadapan Allah SWT. Ini yang paling mengerikan. Mungkin azab yang akan datang ke saya nanti," kata Darmizal.

Ia menyebut pada 2013, SBY di depan forum menyatakan akan melanjutkan sisa kepemimpinan Anas Urbaningrum yang masih tersisa atau hanya sampai Kongres 2015.

"Karena di depan kami dan di depan forum Pak SBY sudah menyatakan pada 2013, saya hanya akan menghantar menjadi ketum sampai Kongres 2015. Dalam arti kata melanjutkan kepemimpinan ketua umum Anas Urbaningrum yang masih tersisa," katanya.

Pada 2015, ia menilai saat SBY menjadi presiden, waktunya belum penuh untuk memimpin partai. Karena itu, saat 2015 ia yakin dapat bekerja sepenuhnya untuk memimpin partai agar capaian Demokrat lebih baik dari 2009.

"Yang menghantar hampir 148 kader atau kursi di parlemen," katanya.sinpo

Komentar: