Tips dan Tricks Yang Trevelers Perlu Ketahui Sslama Melakukan Perjalanan Di New Normal

Laporan: Wawan
Kamis, 18 Februari 2021 | 12:20 WIB
Melaksanakan protokol kesehatan yang ketat adalah wajib hukumnya saat traveling(Sumber:Yoimetter)
Melaksanakan protokol kesehatan yang ketat adalah wajib hukumnya saat traveling(Sumber:Yoimetter)

sinpo, 

Pandemi Covid-19 telah membuat masyarakat,khususnya generasi milenial, mulai jenuh dan kurang produktif dengan aktivitas yang serba terbatas sekarang ini. Keinginan untuk berwisata pun sudah tak dapat terelakkan dan banyak dari mereka yang akhirnya sudah mulai melakukan traveling di masa next normal ini, dengan tetap mematuhi serta melaksanakan protokol kesehatan yang ketat. 

 

Berdasarkan survei yang dilakukan oleh Bloom Consulting, perusahaan yang melakukan penelitian terkait pariwisata, kaum milenial yang lahir sekitar 1981-1996 lebih berani untuk berlibur di tengah pandemi, dibandingkan generasi di atas maupun di bawahnya. Kendati demikian, generasi milenial perlu mempersiapkan rencana traveling-nya dengan baik dan dengan memperhatikan aspek keamanan dan kesehatannya. 

 

Melaksanakan protokol kesehatan yang ketat adalah wajib hukumnya saat traveling, tidak hanya dengan melakukan 3M (mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak) saja, namun ada hal-hal lain pula yang patut untuk diperhatikan. Berikut tips yang harus dipersiapkan oleh milenial sebelum melakukan perjalanan pada era next normal. 

 

  1. Cek kondisi kesehatan tubuh

Sebelum traveling, pastikan tubuh dalam kondisi sehat. Apabila diperlukan, segera lakukan rapid test atau swab test mandiri sebelum traveling untuk memastikan bahwa kamu bepergian tidak membawa virus Covid-19. Selain itu, hasil tes ini juga menjadi syarat syarat untuk memasuki sebuah wilayah atau memasuki destinasi wisata. 

 

  1. Bawa alat kebersihan sendiri

Demi menjaga kebersihan diri dan keluarga Anda, sangat direkomendasikan untuk menyiapkan alat kebersihan sendiri, seperti hand sanitizer, sabun, serta desinfektan sebelum Anda traveling. Selain itu, penggunaan masker ketika berpergian sangatlah penting untuk menghindari terjadi penularan virus Covid-19.

 

  1. Hindari kerumunan dan tetap menjaga jarak aman 

Sebelum mendatangi destinasi wisata yang akan dikunjungi, sebaiknya Anda mencari informasi terkait implementasi protokol kesehatan di destinasi wisata tersebut. Selain itu, pastikan untuk tetap menjaga jarak dan menghindari kerumunan yang ada pada saat mengunjunginya.

 

  1. Gunakan pembayaran non-tunai 

Pembayaran dengan metode non-tunai sangat dianjurkan ketika Anda bertransaksi, termasuk pada saat traveling karena dapat mengurangi kontak langsung dengan orang - orang yang berada di wilayah destinasi wisata tersebut. Selain itu, saat ini pun sudah banyak pilihan metode transaksi non-tunai yang dapat digunakan untuk melakukan pembayaran, seperti debit dan dompet elektronik yang dapat memudahkan kita dalam bertransaksi. 

 

  1. Pilih akomodasi tempat menginap yang sudah tersertifikasi standar kesehatan 

Demi menekan angka penyebaran Covid-19, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) telah meluncurkan program sertifikasi Cleanliness, Health, Safety, and Environmental sustainability (CHSE) untuk akomodasi demi menciptakan rasa aman dan nyaman bagi pengguna saat menginap. Dengan banyaknya akomodasi yang telah tersertifikasi CHSE, wisatawan dapat dengan leluasa memilih akomodasi sesuai dengan kebutuhan mereka. sinpo

Komentar: