Moeldoko Pastikan Pemerintah Terus Bantu Pemulihan UMKM di Masa Pandemi

Laporan: Tisa
Rabu, 10 Februari 2021 | 17:51 WIB
Kepala Staf Presiden Moeldoko (Foto: Humas KSP)
Kepala Staf Presiden Moeldoko (Foto: Humas KSP)

sinpo, JAKARTA - Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko mengungkapkan, dirinya melihat tren para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang mencari berbagai jalan untuk terus meningkatkan usahanya di tengah masa pandemi COVID-19.

Salah satunya, kata dia, dengan memanfaatkan platform digital dan memperluas jangkauan ke beberapa sektor demi meraih keuntungan yang diharapkan. 

“Namun langkah itu harus dibarengi dengan prinsip keuletan dan tahan banting, sehingga bisa keluar dari tekanan pandemi COVID-19,” ujanya saat membuka webinar Grab Terus Usaha Akselerator UMKM Digital Talkshow dari Situation Room Kantor Staf Presiden (KSP), Rabu (10/02/2021).

Pemanfaatan platform digital, kata Moeldoko, sejalan dengan perubahan pola perilaku konsumen yang terjadi di masa pandemi. 

Artinya, kata dia, UMKM harus mengoptimalkan pemasaran secara daring, dengan tetap memperhatikan kualitas produk yang baik serta strategi untuk mempertahankan basis pelanggan. 

Dengan begitu, Moeldoko meyakini, kegiatan usaha UMKM bisa tumbuh secara berkesinambungan.

Terlepas dari itu, dirinya menyampaikan, Pemerintah akan menyiapkan anggaran sekitar Rp157 triliun sebagai alokasi dukungan kepada UMKM dan pembiayaan korporasi dalam Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) 2021. 

Bahkan, katanya, ada juga stimulus bagi UMKM melalui kebijakan yang diterapkan di sektor jasa keuangan.  

“Mulai dari pengajuan kredit, restrukturisasi kredit, subsidi bunga, insentif pajak, pelatian, hingga pelibatan UMKM dalam pengadaan barang dan jasa Pemerintah dan BUMN,” jelas Moeldoko.

Ia menambahkan, Program PEN tersebut merupakan inisiatif Pemerintah untuk membantu permasalahan yang teradi akibat pandemi COVID-19. 

"Terutama bagi UMKM yang terdampak, baik dari sisi finansial maupun non finansial," ucap mantan Panglima TNI ini.

Moeldoko pun menyadari, UMKM memiliki peran penting dalam perekonomian Indonesia. Sehingga, untuk menghadapi tantangan akibat dampak pandemi ini, Moeldoko mendorong UMKM bisa bersinergi dengan pemerintah untuk menerapkan strategi yang fokus.

"Serta efektif mempercepat pemulihan usaha," imbuh Kepala Staf Presiden dua periode pemerintahan Jokowi ini. 

Tak lupa, Moeldoko mengapresiasi Grab dan Sahabat UMKM yang telah bekerja sama dalam pengembangan UMKM di Tanah Aitr.

"Serta melakukan pembinaan UMKM di Indonesia secara berkesinambungan," pungkasnya.sinpo

Komentar: