Listyo Akan Pimpin Polri Jadi Lembaga Tegas yang Lebih Humanis

Laporan: Tisa
Rabu, 27 Januari 2021 | 13:19 WIB
Kapolri Jenderal Listyo Sigit saat dilantik Presiden Jokowi di Istana (Foto: Biro Pers Setpres)
Kapolri Jenderal Listyo Sigit saat dilantik Presiden Jokowi di Istana (Foto: Biro Pers Setpres)

sinpo, JAKARTA - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memastikan komitmennya untuk melakukan transformasi di tubuh Polri dalam berbagai bidang untuk menjadikan institusi yang dipimpinnya, lebih baik ke depan.

Hal ini disampaikan Listyo melalui pernyataan pers usai dilantik Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai Kapolri di Istana Negara, Jakarta Pusat, Rabu (27/01/2021).

"Kami berangkat dari potret Polri di mata masyarakat dan apa yang menjadi harapan masyarakat terhadap Polri, yakni bagaimana menampilkan Polri yang tegas namun humanis," kata Kapolri.

Ia menegaskan, Polri di bawah kepemimpinannya akan senantiasa mengedepankan transparansi pelayanan terhadap masyarakat dan berbagai bidang lainnya.

"Menampilkan Polri yang mampu memberikan pelayanan publik yang baik, dan bagaimana kita memberikan pelayanan secara transparan. Ini tentunya menjadi tugas kami ke depan," ucapnya.

Sebelum ditunjuk Jokowi sebagai calon tunggal Kapolri, pria kelahiran di Ambon ini diketahui menjabat sebagai Kepala Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri sejak 6 Desember 2019.

Listyo merupakan lulusan Akademi Kepolisian tahun 1991. Dirinya akan menggantikan Jenderal Idham Azis yang akan memasuki masa pensiunnya pada Februari mendatang. 

Dalam pelantikan ini, Listyo turut mendapat kenaikan pangkat dari Kepala Negara dalam golongan perwira tinggi Polri.

Kenaikan pangkat ini, berdasarkan Keppres Nomor 7/POLRI Tahun 2021 yang ditetapkan di Jakarta pada 27 Januari 2021. 

Melalui Keppres tersebut, Listyo memperoleh kenaikan pangkat satu tingkat lebih tinggi menjadi Jenderal Polisi dan secara resmi menjabat Kapolri ke-25.sinpo

Komentar: