Diresmikan Jokowi, Tol Kayu Agung-Palembang Jadi Penghubung Sentra Ekonomi

Laporan: Tisa
Selasa, 26 Januari 2021 | 14:15 WIB
Presiden Jokowi saat peresmian ruas tol Kayu Agung-Palembang (Sumber: Tangkapan Layar YouTube Sekretariat Presiden)
Presiden Jokowi saat peresmian ruas tol Kayu Agung-Palembang (Sumber: Tangkapan Layar YouTube Sekretariat Presiden)

sinpo, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, peresmian ruas tol Kayu Agung-Palembang sepanjang 42,5 kilometer menandakan semakin menambah daftar panjang ruas tol bagian dari Trans-Sumatera.

Adapun jumlah panjang keseluruhan ruas tol Trans-Sumatera mencapai 2.992 kilometer yang telah beroperasi hingga saat ini.

"Jalan tol ini, lanjutnya, tidak hanya menghubungkan antarwilayah antardaerah, tapi juga untuk membangkitkan perekonomian di Pulau Sumatera," kata Jokowi  saat menyampaikan sambutan peresmian di Gerbang Tol Kramasan, Ogan Ilir, Sumatera Selatan, Selasa (26/01/2021).

Rincian progres keseluruhannya adalah 657 kilometer ruas jalan tol di sepanjang Trans-Sumatera telah dapat digunakan, 608 kilometer dalam tahap konstruksi, serta 430 kilometer memasuki persiapan konstruksi.

Sementara itu, kata Presiden, pemerintah merencanakan pembangunan untuk 1.297 kilometer lainnya bakal segera menyusul.

"Khususnya di Provinsi Sumatera Selatan, juga menumbuhan pusat-pusat pertumbuhan ekonomi baru dan mengembangkan simpul-simpul pertumbuhan ekonomi yang produktif," jelasnya.

Oleh karena itu, Kepala Negara meminta pemerintah daerah setempat untuk memanfaatkan kehadiran jalan tol itu dalam rangka memajukan wilayahnya masing-masing. 

Setidaknya, Presiden melihat adanya potensi besar pengembangan wilayah di lokasi-lokasi yang dilintasi jalan tol itu seperti pertanian, perkebunan, pariwisata, hingga sentra ekonomi lainnya.

Dalam kunjungan kerja hari ini, Jokowi berkesempatan untuk meninjau ruas tol tersebut yang dimulai dari gerbang tol Kramasan hingga Jakabaring, sepanjang sembilan kilometer dan Jembatan Ogan yang menjadi ciri khas dari ruas tol tersebut.

Hadir dalam acara peresmian di antaranya Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, dan Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru. sinpo

Komentar: