Abu Jibril Tokoh MMI Meninggal Dunia di Pamulang Tangsel

MMI

Oleh: ria
Selasa, 26 Januari 2021 | 10:24 WIB
Abu Jibril Tokoh MMI Meninggal Dunia di Pamulang, Tangerang Selatan, Senin (25/1) pukul 23.05 WIB. (Foto: Istimewa)
Abu Jibril Tokoh MMI Meninggal Dunia di Pamulang, Tangerang Selatan, Senin (25/1) pukul 23.05 WIB. (Foto: Istimewa)

sinpo, JAKARTA, Tokoh Majelis Mujahidin Indonesia (MMI) Abu Jibril meninggal dunia, pada Selasa (26/1) akibat menderita sakit komplikasi dalam dua tahun terakhir ini. Pihak keluarga, akan memakamkan di Pamulang, Tangerang Selatan setelah shalat zuhur.

Kabar meninggalnya Abu Jibril awalnya diumumkan oleh mantan pengurus Majelis Ulama Indonesia (MUI) Tengku Zulkarnain di akun Instagram miliknya @tengkuzulkarnain.id pada Selasa (26/1). Abu Jibril meninggal di kediaman pribadinya di Pamulang, Tangerang Selatan, pada Senin (25/1) pukul 23.05 WIB.

Tengku mengaku kehilangan sosok Abu Jibril. Meski berbeda mazhab dalam Islam, ia menilai Abu Jibril tak pernah saling menyerang pemahaman mazhab orang lain saat berdakwah.

"Kami memang berbeda Madzhab Fiqih. Beliau Madzhab Salafi dan saya bermadzhab Syafi'i. Namun, tidak pernah kami saling menyerang kepahaman dan amal masing masing. Dan, beberapa kali kami tampil ceramah satu panggung bersama, walau isi ceramah masing masing dengan rujukan kitab yang berbeda. Betapa indahnya Islam," kata Tengku.

Abu Jibril dikenal sebagai mantan Ketua Umum MMI. Nama Abu Jibril sempat disebut-sebut terkait dengan teror bom di hotel JW Marriott di Jakarta. Namun tidak terbukti hingga akhir penyelidikan oleh kepolisian.

Pada 26 Maret 2015 lalu, anak Abu Jibril, Ridwan Abdul Hayie meninggal saat berperang di Suriah. Ridwan tewas saat perang bersama pasukan Jabhat Al Nusra. Aby Jibril mengaku anaknya di Al-Qaeda, bukan bergabung dengan ISIS.sinpo

Komentar: