Presiden: Vaksinasi Jadi "Game Changer" Pengendalian Pandemi COVID-19

Laporan: Tisa
Sabtu, 16 Januari 2021 | 09:41 WIB
Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri acara Pertemuan Tahunan Industri Jasa Keuangan Tahun 2021 secara virtual (Foto: Biro Pers Setpres)
Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri acara Pertemuan Tahunan Industri Jasa Keuangan Tahun 2021 secara virtual (Foto: Biro Pers Setpres)

sinpo, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri acara Pertemuan Tahunan Industri Jasa Keuangan Tahun 2021 yang digelar secara virtual, Jumat (15/01/2021).

Pada kesempatan ini, Presiden mengajak semua pihak untuk bersikap optimistis di awal tahun 2021 yang diyakini, menjadi titik balik permasalahan pandemi yang melanda sejak tahun lalu. 

Kepala Negara mengharapkan, kesehatan masyarakat akan segera pulih dan perekonomian segera bangkit kembali pada tahun ini.

"Pengendalian pandemi melalui vaksinasi adalah "game changer", kunci utama yang sangat menentukan agar keadaan bisa kembali normal," kata Jokowi saat memberikan sambutan dari Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat.

Ia menuturkan, saat kondisi kembali normal, maka masyarakat bisa bekerja kembali dan anak-anak kita bisa belajar di sekolah secara tatap muka kembali.

"Masyarakat pun kembali beribadah dengan tenang, serta perekonomian nasional segera bangkit," ujarnya.

Jokowi menegaskan, program vaksinasi COVID-19 gratis bagi seluruh rakyat Indonesia secara resmi telah dimulai dua hari lalu, Rabu (13/01/2021). 

"Seluruh prosedur dan tahapan pengembangan vaksin, juga telah dilalui dengan baik dan berjalan lancar," pungkas Kepala Negara.

Sebelumnya, penelitian dasar ilmiah dan sejumlah uji klinis telah dilakukan sejak bulan Agustus, sehingga Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) mengeluarkan izin penggunaan darurat atau emergency use authorization (EUA). 

Hasil efikasi vaksin Sinovac yang diuji oleh BPOM ini, dipastikan sudah di atas standar yang ditetapkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). 

Tak hanya itu, Majelis Ulama Indonesia (MUI) juga telah mengeluarkan fatwa halal bagi vaksin buatan Tiongkok yang digunakan di Indonesia.

Turut mendampingi Presiden saat menghadiri acara ini dari Istana Kepresidenan Bogor, yakni Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dan Menteri Keuangan Sri Mulyani. sinpo

Komentar: