Dasco Harap Blackbox Pesawat Sriwijaya Segera Ditemukan

Laporan: Lilis
Senin, 11 Januari 2021 | 11:35 WIB
Sufmi Dasco (Indonesia Globe)
Sufmi Dasco (Indonesia Globe)

sinpo - Wakil Ketua DPR, Sufmi Dasco Ahmad menyampaikan duka mendalam terkait jatuhnya pesawat Sriwijaya. Ia berharap blackbox segera ditemukan agar penyebab jatuhnya pesawat dapat diketahui.

"Pertama kami sampaikan duka cita yang mendalam terhadap jatuhnya pesawat Sriwijaya untuk para korban dan keluarga yang ada di pesawat tersebut," katanya di Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (11/1/2021).

Ia mengatakan sampai saat ini tim penyelamat masih bekerja keras untuk mencari para korban serta sisa puing pesawat. Ia berharap bila blackbox ditemukan, KNKT dapat segera mencari sebab jatuhnya pesawat.

"KNKT segera mencari penyebab jatuhnya pesawat untuk menjadi evaluasi lebih lanjut terhadap kejadian atau penyebab jatuhnya pesawat tersebut, untuk supaya dapat menjadi acuan dalam mengevaluasi pesawat-pesawat yang lain," katanya.

Saat ditanya soal jam terbang, ia belum mengetahui apakah usia 26 tahun pesawat masih atau tidak layak untuk terbang. Sebab kelayakan dilihat memang dilihat dri jam terbang.

"Kemudian proses maintain pesawat tersbeut yang ada rutinitas dan selalu dicek. Sehingga mari kita tunggu saja hasil dari KNKT nanti untuk menjadi bahan evaluasi," katanya.

Ia meyakini proses evaluasi oleh KNKT pasti akan berlangsung transparan. Sebab hal ini juga akan menjadi evaluasi untuk penerbangan di Indonesia.sinpo

Komentar: