Bukan Produk Lokal, Ternyata Ini Merek "Jaket Biru Menteri"

Viral

Laporan: Tisa
Kamis, 24 Desember 2020 | 12:02 WIB
Jaket Parka Biru Uniqlo yang diduga dikenakan para menteri baru saat pengumuman reshuffle (Foto: Tangkapan Layar Akun Instagram @uniqloindonesia)
Jaket Parka Biru Uniqlo yang diduga dikenakan para menteri baru saat pengumuman reshuffle (Foto: Tangkapan Layar Akun Instagram @uniqloindonesia)

sinpo, JAKARTA - Perombakan Kabinet Indonesia Maju yang dilakukan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin, Selasa (22/12/2020) lalu, meninggalkan cerita soal jaket biru yang dipakai para menteri baru saat pengumuman reshuffle di beranda Istana.

Jaket biru yang dikenakan para menteri baru ini viral dibicarakan warganet. Mereka menebak-nebak merek serta produksi mana jaket tersebut.

Adapun alasan para menteri mengenakan jaket biru yang dipadukan dengan kemeja putih ini, memiliki filosofi tersendiri. 

Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Setpres Bey Machmudin mengatakan, jaket yang dikenakan para menteri memiliki makna sebagai busana berbahan nyaman dikenakan.

"(Jaket) kalau panas tidak membuat keringat, kalau hujan tidak membuat basah. Artinya, setiap orang yang menggunakan tidak masalah dalam cuaca apa pun. Jadi maksudnya, menteri kerja kapan saja dalam suasana kapan saja, siap bekerja," kata Bey.

Meski mengungkapkan filosofinya, namun pihak Istana tidak memberi tahu merek dari produk jaket yang kompak dikenakan para pembantu baru Presiden ini.

Warganet dan publik sempat mengira jaket tersebut merupakan produk lokal yang diproduksi salah satu usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) atau desainer tahah air.

Hingga akhirnya diketahui bahwa jaket tersebut merupakan produksi label fesyen asal Jepang, Uniqlo. Produknya diketahui bernama Jaket Parka Saku Uniqlo.

Seolah tahu sedang menjadi perbincangan, Uniqlo melalui akun Instagram bisnisnya, mengunggah foto produk jaket beserta keterangan yang menginsyaraktkan bahwa memang produknya lah yang dikenakan keenam menteri baru.

"Parka biru yang paling banyak dibicarakan. Jaket multifungsi dengan fitur UV Protection dan material water repellent untuk melindungi tubuh dari segala musim. Desain pocketable yang ringan membuatnya mudah dibawa kemana saja," tulis akun @uniqloindonesia, Rabu (23/12/2020).

Sementara itu, berdasarkan keterangan pers dari pihak Uniqlo, disampaikan keunggulan dari  jaket ini, antara lain:

1. Bisa Digunakan segala usia

Jaket Parka ini dapat digunakan oleh segala usia baik pria maupun wanita, dan sesuai dengan fungsinya Jaket ini juga dapat digunakan kapanpun dan dimanapun karena mampu melindungi tubuh dari bahaya radiasi sinar UV dan juga melindungi tubuh dari terpaan angin juga hujan.

Sadar akan perubahan iklim yang makin sering terjadi, maka produk ini yang diharapkan mampu memberikan perlindungan serta menemani di segala aktivitas.

2. UV Cut Material untuk Meningkatkan Fungsionalitas Yang Dapat Melindungi Tubuh dari Bahaya Sinar UV.

Bagi yang tinggal di negara tropis, pada umumnya membutuhkan pakaian yang saat dipakai tidak membuat gerah di tubuh, gampang dirawat artinya tanpa disetrika, pakaian tidak kusut. Disisi lain, juga membutuhkan pakaian yang dapat melindungi dari terpaan hujan dan juga angin.

Disinilah material UV Cut ditambahkan untuk melengkapi dari fungsi jaket itu sendiri, Jaket Parka ini terbuat dari material nyaman yang membuat kulit tetap dapat bernafas tanpa meninggalkan fungsinya untuk melindungi tubuh di segala musim di Indonesia.

Material UV-blocking pada jaket ini terdapat di setiap jaket yang dirancang khusus dan diperlakukan secara spesial lewat tenunan, rajutan, serta material yang digunakan sehingga mempunyai faktor perlindungan tinggi terhadap sinar matahari. Walaupun tipis, namun material ini bekerja baik mencegah sinar UVA menembus dermis kulit dan menengah sinar UVB untuk sampai ke epidermis.

3. Terdapat Lapisan Anti Air yang Mampu Melindungi Tubuh dari Hujan.

Jaket Parka ini juga dapat digunakan saat berolahraga memiliki konstruksi lapisan pakaian yang memastikan penggunanya tetap kering dan nyaman dalam situasi apapun. Teknologi ini sangat praktis dan cocok digunakan untuk menemami aktivitas kita sehari-hari.

4. Ringan dan mudah dibawa

Keunggulan pertama dari Jaket Parka ini adalah bahannya elastis, dan ringan sehingga bahan ini sangat nyaman digunakan dan tidak terasa kaku. Jaket ini dilengkapi dengan kantung, bahannya yang elastis juga jaket ini menjadi mudah untuk dilipat dan dibawa berpergian.

Meski bahan ini elastis dan ringan, Anda tidak perlu khawatir karena Jaket ini tidak akan melar meskipun sudah digunakan berkali-kali.

Jaket ini bisa ditemukan di seluruh gerai Uniqlo Indonesia dengan harga Rp399.000. Jaket parka ini memiliki fitur UV Protection dan dapat menangkal 90% sinar UV, dilengkapi lapisan water-repellent.

Lapisannya menjamin perlindungan dari hujan ringan dengan desain saku yang nyaman, sehingga ringan dibawa kemanapun pergi. 

Usai diketahui asal muasal jaket ini, unggahan Uniqlo yang menampilkan produk Jaket Parka Saku ini pun diserbu komentar warganet.

"Pake jaket ini auto jadi Menteri gak? Hehe #JaketMenteri," komentar akun @dear***a

@mel********a menimpali, "Aku udah punya ini yang biru persis!!! Siapa tau jadi wamen." sinpo

Komentar: