Sementara, NasDem Raih Kemenangan Pilkada di 132 Daerah

Laporan: Tisa
Jumat, 11 Desember 2020 | 09:58 WIB
Sekjen DPP Partai NasDem Johnny G Plate (Foto: Ist.)
Sekjen DPP Partai NasDem Johnny G Plate (Foto: Ist.)

sinpo, JAKARTA - Partai Nasional Demokrati (NasDem) berhasil unggul di 132 daerah yang menggelar Pilkada 2020 hingga penghitungan suara, Kamis (10/12/2020).

Sekjen DPP Partai NasDem Johnny G Plate mengatakan, hasil ini diketahui berdasarkan data sementara yang dikumpulkan oleh Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu).

"Dari data sementara yang telah masuk, pasangan kepala daerah yang diusung oleh NasDem menang di 4 provinsi dan 128 kabupaten/kota," ungkap Johnny melalui keterangan pers, Kamis (10/12/2020).

Ia mengungkapkan, dari 270 pilkada yang digelar di tahun ini, NasDem mengusung sebanyak 266 pasangan calon kepala daerah, baik di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota.

"Data yang sudah masuk sebanyak 222 dan sisanya 44 daerah masih kami tunggu. Persentase kemenangannya 59,46 persen. Tapi ini masih data sementara," jelasnya.

Johnny menambahkan, pada pemilihan gubernur dan wakil gubernur NasDem menang di Provinsi Sulawesi Tengah, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan dan Kepulauan Riau.

Sementara, lanjut dia, dalam Pilkada Serentak kali ini NasDem mampu menghantarkan 90 kadernya berjaya di dalam kontestasi. 

Mereka yang meraih kemenangan sebagai calon yang diusung parpol besutan Surya Paloh ini terdiri atas 1 gubernur, 2 wakil gubernur, 47 bupati/wali kota, 32 wakil bupati/wakil wali kota, dan 4 pasangan calon yang keduanya merupakan kader NasDem.

"Totalnya ada 90 kader NasDem yang meraih hasil positif dari pilkada tahun ini," imbuh pria yang juga menjabat Menkominfo ini.

Namun, dirinya mengakui kandidat-kandidat calon kepala daerah yang diusung oleh NasDem juga mengalami kekalahan di sejumlah daerah.

Mereka yang harus menelan pil pahit kekalahan di tingkat provinsi sebanyak 4 daerah dan di tingkat kabupaten/kota sebanyak 86 daerah. 

"NasDem ikut serta di 266 daerah. Hanya 4 pilkada yang tak diikuti NasDem," pungkas politikus kelahiran Ruteng, Nusa Tenggara Timur ini. sinpo

Komentar: