Akibat Massa Rizieq, Lima Jam Bandara Lumpuh, Garuda dan LionAir Gratiskan Pengembalian Tiket
sinpo, JAKARTA, Kepulangan pemimpin Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab pada Selasa (10/11/2020) sekitar pukul 08.40 WIB, di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Jakarta, langsung disambut simpatisannya. Namun, kerumunan massa yang menyambut kedatangan Rizieq telah menyebabkan aktivitas di bandara dan sekitarnya lumpuh total selama lebih kurang lima jam, terhitung sejak pukul 05.00 WIB sampai Rizieq meninggalkan bandara sekitar pukul 10.00 WIB.
Karena itu, sejumlah penumpang harus jalan kaki ke bandara hingga jadwal keberangkatan sejumlah maskapai penerbangan terganggu, dan sejumlah fasilitas di Terminal 3 Rusak Saat Penyambutan Rizieq Shihab tersebut.
Selain itu, kendaraan tak bergerak mulai dari Gerbang Tol Cengkareng arah bandara, pengendara pun diimbau mencari jalur alternatif menuju bandara. "Pukul 05.41 dilaporkan Gerbang Tol Cengkareng arah menuju Bandara Soetta. Kecepatan 0 km per jam, gunakan akses alternatif lain melalui Tangerang atau Jalan Daan Mogot Jakarta Barat arah Bandara Soetta.
Dampak lain adalah maskapai penerbangan Garuda Indonesia dan Lion Air membebaskan biaya refund dan reschedule keberangkatan bagi penumpang yang terdampak kondisi kemacetan akses menuju Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Selasa (10/11/2020) pagi.
Direktur Utama Garuda Indonesia, Irfan Setiaputra mengungkapkan pihaknya membebaskan biaya penyesuaian jadwal penerbangan maupun refund tiket bagi penumpang yang terdampak kondisi kemacetan akses menuju Bandara Soekarno-Hatta hari ini. "Kami sepenuhnya mengerti kekhawatiran yang dialami penumpang. Untuk itu, Garuda Indonesia berkomitmen untuk selalu hadir bersama seluruh penumpang dengan menghadirkan sejumlah solusi bagi penumpang yang terdampak imbas kemacetan akses menuju bandara," kata Irfan.
"Penerapan kebijakan fleksibilitas penyesuaian jadwal dan refund tiket tentunya mengacu pada ketentuan yang berlaku," ujar Irfan. Penjelasan lebih lanjut mengenai proses reschedule dan refund, calon penumpang dapat menghubungi call center di nomor (021) 23519999 atau 0804 1 807 807.
Tak hanya Garuda Indonesia, maskapai Lion Air juga memberikan kemudahan bagi pelanggannya. Corporate Communications Strategic of Lion Air Group, Danang Mandala Prihantoro menyampaikan, pihaknya memberikan kebijakan berupa pembebasan biaya untuk perubahan jadwal (reschedule).
"Berdasarkan situasi lalu lintas menuju bandar udara tersebut yang mengalami kemacetan, sehingga berdampak pada keterlambatan penumpang, Lion Air Group memberikan kebijakan kepada penumpang berupa pembebasan biaya untuk perubahan jadwal keberangkatan (rescheduele)," ujar Danang saat dihubungi Kompas.com, Selasa (10/11/2020).
Menurutnya, penumpang yang terdampak kemacetan akses Bandara Seokarno-Hatta dapat melakukan perubahan jadwal melalui: 1. Layanan pelanggan (customer service) di bandar udara 2. Call center 24 jam 3. www.lionair.co.id dan www.batikair.com "Lion Air Group sangat memahami atas situasi dan kondisi yang terjadi pagi ini, sehingga memberikan solusi terbaik kepada penumpang," katanya.
Tak hanya itu, Danang mengungkapkan bahwa pihaknya akan meminimalisir dampak yang timbul, agar penerbangan Lion Air Group lainnya tidak terganggu.

