Akhir Tahun, Bahan Baku Vaksin Corona dari Luar Negeri Tiba di RI

Laporan: Tisa
Kamis, 05 November 2020 | 13:17 WIB
Menko Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto (Foto: Humas & Informasi Publik Kemenko Bidang Perekonomian)
Menko Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto (Foto: Humas & Informasi Publik Kemenko Bidang Perekonomian)

sinpo, JAKARTA - Menko Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengumumkan, bahan baku vaksin COVID-19 dari luar negeri akan tiba di Indonesia pada akhir tahun ini.

Meski demikian, ia menegaskan, pemerintah terus menyiapkan berbagai instrumen yang dibutuhkan agar Indonesia bisa segera memproduksi vaksin di dalam negeri.

“Diharapkan dalam waktu tidak terlalu lama, di bulan Desember ada bahan baku dan vaksin yang masuk ke Indonesia,” ujarnya saat diskusi daring, Kamis (5/11/2020).

Sementara itu, untuk regulasi yang disiapkan agar Indonesia dapat segera memproduksinya, pemerintah tengah membuat payung hukum yang akan menjadi peta jalan pengadaan vaksin.

Payung hukum yang dimaksud, kata menteri yang juga Ketua Umum Partai Golkar ini, ialah Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 99. 

Oleh sebab itu, dirinya mengharapkan agar Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) segera membuat analisa hasil dari uji coba vaksin virus Corona yang sedang berlangsung saat ini.

“Tentunya diharapkan BPOM bisa membuat resume ataupun menganalisa hasil dari clinical trial yang dilakukan di Bandung,” katanya.

Untuk hasil uji vaksin terkini, ia memastikan sedang diupayakan agar segera rampung secepatnya. Hal ini penting, agar vaksin buatan Indonesia dapat dibandingkan hasilnya dengan miik negara lain.

“Diharapkan Minggu pertama bulan Desember sudah ada interim result dan intergrasikan dengan result negara lain,” ucap Airlangga.sinpo

Komentar: