Transportasi Jakarta Dapat Penghargaan Sustainable Transport Award 2021 Asia

Transportasi

Oleh: Ria
Sabtu, 31 Oktober 2020 | 20:22 WIB
Transportasi Jakarta Dapat Penghargaan  Sustainable Transport Award 2021 Asia
Transportasi Jakarta Dapat Penghargaan Sustainable Transport Award 2021 Asia

sinpo, JAKARTA, Jakarta terpilih sebagai kota terbaik dalam acara penganugerahan Sustainable Transport Award 2021. Penghargaan itu diberikan atas kemajuan yang terjadi di sebuah kota utamanya pada sistem transportasi publik dan mobilitas.

Kemenangan Jakarta itu dimumkan pada Jumat (30/10/2020) malam waktu Indonesia bagian Barat pada puncak acara Mobilize Virtual Summit 2020 yang tahun ini karena pandemi Covid-19 digelar secara virtual pada 26, 28 dan 30 Oktober 2020.

Dengan demikian, Jakarta menjadi kota pertama di Asia Tenggara yang memenangkan penghargaan Sustainable Trasnport Award atau STA mengalahkan kota-kota besar lain di dunia. Bagi Jakarta, kemenangan tersebut merupakan kemenangan kedua Jakarta setelah pada 2019 Jakarta juara dua atau mendapat gelar “Honorable Mention” pada ajang yang sama. 

Kemenangan tersebut diperoleh Jakarta setelah Jakarta terus berinovasi dalam aspek sistem transportasi publik dan mobilitas. Dalam pernyataan resmi, Jumat (30/10/2020) kemarin, Heather Thompson, Chief Executive Officer Institute for Transportation and Development Policy (ITDP), dalam acara pengumuman pemenang yang sekaligus menutup Mobilize Virtual Summit 2020 menyebutkan, STA adalah ajang penghargaan tahunan yang menilai perbaikan mobilitas kota dan inovasi sistem transportasi.

"Dalam STA, visi, konsep, dan eksekusi yang dijalankan setiap kota dinilai oleh komite juri yang terdiri dari lembaga-lembaga global seperti ITDP, Bank Dunia, International Council for Local Environmental Initiatives (ICLEI), dan lain-lain," kata Heather. Dalam setahun terakhir, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, badan usaha milih daerah (BUMD) DKI Jakarta, dan para pemangku kepentingan transportasi di Ibu Kota dinilai berhasil menghadirkan berbagai inovasi untuk meningkatkan mutu transportasi di Jakarta.

Di antaranya seperti perluasan jalur dan penambahan fasilitas sepeda, revitalisasi halte dan trotoar, penataan fasilitas pejalan kaki di kampung-kampung, dan integrasi berbagai moda transportasi publik.

STA 2021 merupakan kemenangan warga Jakarta. Di sana ada kolaborasi dengan warga, pegiat transportasi untuk desain wayfinding, inovasi bus listrik, dan mikrotrans AC. Selain itu, peningkatan pesat jumlah pengguna transportasi publik Jakarta yang sempat mencapai rekor 1 juta pelanggan harian TransJakarta pada Februari lalu sebelum pandemik juga menjadi catatan. Gubernur Provinsi DKI Jakarta,

Anies Baswedan melalui siaran pers resmi, Sabtu (31/10/2020) mengucapkan kebanggaan terhadap Jakarta dan komitmennya untuk terus mengupayakan sistem transportasi berkelanjutan yang tujuan akhirnya adalah kenyamanan warga.

"Alhamdulillah, Jakarta terpilih sebagai kota terbaik dunia dalam Sustainable Transport Award 2021. Saya turut berbangga dengan pencapaian Jakarta dalam peningkatan inovasi transportasi terintegrasi. Ini adalah pengingat bahwa kami harus terus berupaya meningkatkan layanan transportasi yang sudah ada, sehingga kenyamanan warga dalam bertransportasi terjamin," ujar Anies.

STA, menurut Anies, merupakan ajang penghargaan tahunan yang diberikan kepada kota yang telah menunjukkan komitmen, kemauan politik, serta visi dalam bidang transportasi berkelanjutan dan pembangunan perkotaan. Keberhasilan Jakarta diraih melalui berbagai upaya berkelanjutan di bidang transportasi.

Di antaranya mengintegrasikan mikrobus (angkot) dengan layanan jaringan bus Transjakarta, yaitu ada 10 operator angkot sepakat untuk bergabung dengan Transjakarta; menghadirkan MRT Jakarta dan LRT Jakarta tahun lalu yang juga menjadi momentum besar bagi sistem transportasi publik di Jakarta; mengintegrasikan layanan transportasi, baik fisik maupun pembayaran.

Hal itu terbukti dengan dibangunnya stasiun-stasiun dan rute-rute Transjakarta yang terintegrasi dengan MRT Jakarta, LRT Jakarta, serta mikrobus. Upaya lainnya, berupa penataan kawasan transportasi publik milik DKI dengan perusahaan transportasi publik milik negara; KRL Commuter Line. Bertujuan untuk menjadi hub transportasi yang memberi kemudahan, keamanan, dan kenyamanan bagi warga.

Pada tahap pertama, stasiun yang ditata adalah Stasiun Tanah Abang, Stasiun Juanda, Stasiun Sudirman, dan Stasiun Pasar Senen. Kemudian DKI Jakarta juga mengembangkan armada bus listrik yang ramah lingkungan. Upaya ini dilakukan oleh Transjakarta dan telah diujicobakan tahun ini. Transjakarta juga mempunyai target untuk mengubah semua armadanya menjadi bus listrik pada 2030.

Upaya yang juga mendukung adalah mengubah fungsi Terowongan Kendal sebagai area khusus pejalan kaki yang nyaman untuk menghubungkan stasiun KRL, stasiun MRT Jakarta, stasiun Kereta Bandara dan halte Transjakarta. Fasilitas ini dibangun sebagai upaya pendukung program integrasi transportasi, namun juga tetap mempertimbangkan kenyamanan warga. Selanjutnya adalah upaya berkelanjutan pembangunan jalur sepeda yang hingga saat ini telah dibangun 63 km. Ke depan, direncanakan pembangunan 500 km jalur sepeda terproteksi. Upaya merencanakan jalur sepeda ini terbayar ketika masa pandemi Covid-19 di mana terjadi lonjakan pesepeda hingga 10 kali lipat di ruas-ruas jalan utama Jakarta. Hal ini kemudian diperkuat dengan diimplementasikannya pop up bike lane (jalur sepeda terproteksi sementara) dan Peraturan Gubernur Nomor 51 Tahun 2020 yang menginstruksikan untuk memprioritaskan pejalan kaki dan pesepeda selama pembatasan sosial skala besar (PSBB) berlangsung. Upaya berikutnya adalah mengubah fungsi fasilitas park and ride Thamrin 10 yang sebelumnya merupakan area parkir kendaraan pribadi menjadi ruang usaha ekonomi kreatif. Hal ini merupakan bagian dari strategi untuk menggalakkan pembatasan kendaraan bermotor pribadi di pusat kota.

Untuk diketahui, acara seremoni STA Award akan dilaksanakan pada Januari 2021 di Washington DC, Amerika Serikat. Dalam acara tersebut, Jakarta akan diberikan penghargaan dalam acara yang bertajuk 'Transport Research Board Annual Meeting'. Sebagai kota pemenang STA, Jakarta kemudian secara otomatis akan menjadi tuan rumah MOBILIZE 2021 yang diselenggarakan oleh ITDP dan didukung oleh Volvo Research dan Education Foundations. Baca juga: Tren Global Bersantap dan Bermain di Luar Ruang.   sinpo

Komentar: