Mendag Targetkan Transaksi Penjualan Produk Lokal 50 Persen di Harbolnas 2025

Laporan: Tio Pirnando
Senin, 08 September 2025 | 18:09 WIB
Mendag RI Budi Santoso dan Menko Perekonomian Airlangga Hartarto hadiri Kick-off Road to Harbolnas 2025. (SinPo.id/dok. Ekon)
Mendag RI Budi Santoso dan Menko Perekonomian Airlangga Hartarto hadiri Kick-off Road to Harbolnas 2025. (SinPo.id/dok. Ekon)

SinPo.id - Menteri Perdagangan (Mendag) Budi Santoso, menargetkan  penjualan produk lokal dalam Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) pada 10-16 Desember 2025 mendatang, bisa mencapai 50 persen dari total target transaksi Rp33-35 triliun. Target itu dapat dicapai dengan mendukung pemasaran dan konsumsi produk-produk  UMKM melalui platform e-commerce. 

"Kementerian Perdagangan mendorong produk lokal dan UMKM naik kelas ke panggung utama. Harbolnas menjadi bentuk cinta masyarakat pada karya anak bangsa, sekaligus bukti bahwa perdagangan digital mampu menjadi motor pertumbuhan ekonomi kreatif dan berkelanjutan," kata Budi dalam Kick-off Road to Harbolnas 2025 di Jakarta, Senin, 8 September 2025. 

Untuk membangun kesadaran terhadap puncak Harbolnas pada Desember 2025, akan digelar rangkaian kegiatan "Road to Harbolnas" dalam berbagai bentuk aktivasi. 

Beberapa di antaranya, aktivasifisik (offline activation) dalam bentuk Roadshow Asosiasi E-Commerce Indonesia (idEA) untuk UMKM pada September-Desember 2025 di empat kota, pameran pariwisata dan Pop Up Market UMKM pada Oktober2025, serta festival merek lokal (Campus Bazzar Local Brand Festival) yang berkolaborasi dengan perguruan tinggi pada Oktober 2025 mendatang.

Pelaksanaan Harbolnas 2025 mengangkat tema utama #NyatakanCintaNusantara dan memfokuskan pada pelaku usaha dengan kategori pakaian olahraga dan fesyen, perawatan pribadi (personal care), makanan dan minuman, serta dekorasi dan kebutuhan rumah. Pertimbangannya, keempat kategori tersebut mencatatkan penjualan tertinggi pada Harbolnas 2024.

Ketua Umum idEA Hilmi Adrianto meyakini, Road to Harbolnas akan semakin memperkuat puncak Harbolnas 2025 pada Desember mendatang. 

Menurutnya, persiapan dalam bentuk Road to Harbolnas akan membantu memperluas jangkauan pengusaha lokal dengan ekosistem perdagangan digital.

"Kick-off Harbolnas 2025 yang telah berjalan hari ini akan dilanjutkan dengan road show ke skala nasional. Agenda ini mempertemukan pelaku usaha lokal dengan ekosistem perdagangan digital untuk memperkuat jejaring serta memperluas jangkauan produk unggulan daerah ke konsumen nasional," kata Hilmi.

BERITALAINNYA
BERITATERKINI