Sebanyak Tiga Tentara Israel Tewas dalam Serangan Roket Hamas

Laporan: Galuh Ratnatika
Senin, 06 Mei 2024 | 15:26 WIB
Sebanyak tiga tentara Israel tewas dalam serangan roket Hamas. (SinPo.id/Reuters)
Sebanyak tiga tentara Israel tewas dalam serangan roket Hamas. (SinPo.id/Reuters)

SinPo.id - Sebanyak tiga tentara Israel dilaporkan tewas dalam serangan roket yang diklaim oleh sayap bersenjata Hamas terhadap penyeberangan Kerem Shalom ke Gaza, di dekat kota Rafah.

Militer Israel mengatakan, 10 proyektil diluncurkan dari Rafah menuju area penyeberangan, yang menurut mereka kini ditutup untuk truk bantuan yang menuju ke Gaza. 

Namun, Hamas mengatakan mereka menembakkan roket ke pangkalan militer Israel di persimpangan tersebut, dan penyeberangan komersial bukanlah sasarannya.

“Peluncuran yang dilakukan Hamas di dekat Penyeberangan Rafah adalah contoh nyata eksploitasi sistematis yang dilakukan organisasi teroris terhadap fasilitas dan ruang kemanusiaan, dan mereka terus menggunakan penduduk sipil Gaza sebagai tameng manusia,” kata militer Israel, dilansir dari Reuters pada Senin 6 Mei 2024.

Hamas membantah pihaknya menggunakan warga sipil sebagai tameng manusia, dan tidak pernah menargetkan warga sipil Israel dalam serangannya.

Sebaliknya, tak lama setelah serangan Hamas, serangan udara Israel menghantam sebuah rumah di Rafah, hingga menewaskan tiga warga sipil dan melukai beberapa lainnya.

Bahkan menurut pejabat kesehatan Palestina, tepat sebelum tengah malam, serangan udara Israel menewaskan sembilan warga Palestina, termasuk seorang bayi, di rumah lain di Rafah.

Seperti diketahui, lebih dari 34.600 warga Palestina telah terbunuh, 29 di antaranya tewas dalam 24 jam terakhir, dan lebih dari 77.000 orang terluka dalam serangan Israel.sinpo

Komentar: