Aktivis Mahasiswa Pro-Palestina Berhasil Menduduki Gedung Universitas Columbia

Laporan: Galuh Ratnatika
Rabu, 01 Mei 2024 | 07:12 WIB
Aktivis Mahasiswa Pro-Palestina Berhasil Menduduki Gedung Universitas Columbia (SinPo.id/Getty Images)
Aktivis Mahasiswa Pro-Palestina Berhasil Menduduki Gedung Universitas Columbia (SinPo.id/Getty Images)

SinPo.id - Aktivis mahasiswa pro-Palestina berhasil menduduki gedung Universitas Columbia, hingga masuk ke Hamilton Hall, sebuah tempat yang digunakan untuk berunjuk rasa sejak tahun 1960an. Mereka kemudian memasang spanduk bertuliskan "Hind's Hall" di lantai atas gedung.

Sedangkan beberapa mahasiswa lainnya berada di luar Hamilton Hall untuk memblokir pintu dengan meja dan bergandengan tangan untuk membentuk barikade di depan.

“Gedung ini dibebaskan untuk menghormati Hind, seorang anak Palestina berusia enam tahun yang dibunuh di Gaza oleh pasukan pendudukan Israel yang didanai oleh Universitas Columbia,” teriak seorang pengunjuk rasa dari dalam, yang diikuti oleh orang-orang di luar. Dilansir dari CNA, Rabu, 1 Mei 2024.

Beberapa menit setelah para pengunjuk rasa mendapatkan akses ke gedung tersebut, petugas polisi Kota New York tiba di luar gerbang sekolah. Namun mereka hanya masuk ketika ada yang terluka.

Sebelumnya, Universitas Columbia mengumumkan akan mengeluarkan aktivis mahasiswa pro-Palestina yang menolak untuk membongkar kamp protes di kampus tersebut.

Bahkan Rektor Universitas Columbia, Nemat Minouche Shafik, mengatakan bahwa perundingan selama berhari-hari antara pengurus mahasiswa dan pemimpin akademis telah gagal membujuk para demonstran untuk membongkar puluhan tenda yang didirikan sebagai bentuk penolakan terhadap perang Israel di Gaza.sinpo

Komentar: