Festival Permainan dan Olahraga Tradisional Digelar di Bandung

Laporan: Tim Redaksi
Selasa, 07 Mei 2024 | 06:00 WIB
FESTIVAL PERMAINAN DAN OLAHRAGA TRADISIONAL JAWA BARAT 2024
FESTIVAL PERMAINAN DAN OLAHRAGA TRADISIONAL JAWA BARAT 2024

SinPo.id -  Dalam rangka melestarikan serta memperkenalkan tradisi seni budaya daerah, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat melalui UPTD Pengelolaan Kebudayaan Daerah Jawa Barat menggelar Festival Permainan dan Olahraga Tradisional Jawa Barat 2024. Kegiatan hasil kolaborasi dengan Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Jawa Barat tersebut diselenggarakan di Teater Tertutup Taman Budaya Jawa Barat, Kota Bandung, 6-7 Mei 2024.

Acara dibuka langsung oleh Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat Herman Suryatman yang didampingi Kadisparbud Jabar Benny Bachtiar serta Kadispora Jabar Asep Sukmana. Kegiatan ini diikuti oleh 27 peserta yang mewakili kabupaten/kota di Jawa Barat.

Sekda Jabar mengapresiasi jalannya kegiatan ini. Menurutnya ide kreatif ini menjadi langkah besar dalam upaya pelestarian budaya tradisional.

“Salah satu tujuan kita bermasyarakat adalah mewujudkan Jawa Barat sebagai provinsi termaju dan Insya Allah bisa dicapai. Kuncinya adalah mempersiapkan anak-anak kita, budayanya kita asah supaya mumpuni, ilmu pengetahuan dan teknologinya kita asah, sekaligus tidak lupa agamanya,” ucap Sekda Jabar.

“Permainan dan olahraga tradisional ini dapat menstimulus aspek perkembangan anak, mulai dari kognitif, afektif, sampai psikomotorik. Salah satu caranya melalui kegiatan yang kreatif dan cerdas seperti ini karena juga sekaligus mendekatkan budaya Jabar kepada generasi muda. Kita butuh generasi muda yang mentalitasnya kuat dan itu harus berbasis budaya,” lanjutnya.

Selain menampilkan keanekaragaman permainan dan olahraga tradisional Jawa Barat, kegiatan ini juga diharapkan dapat menjadi ruang ekspresi bagi para seniman budayawan. Selain itu juga diharapkan dapat mendorong generasi muda untuk menjadi penerus seni budaya Jawa Barat.

“Wisatawan yang hadir ke Indonesia terutama wisatawan mancanegara yang pertama dicari itu adalah kulinernya, kedua budayanya. Mudah-mudahan melalui kegiatan ini bisa menjadikan salah satu kekuatan daya tarik wisatawan untuk hadir ke Jawa Barat khususnya melalui seni tradisi, kaulinan barudak,” ungkap Kadisparbud Jabar.

Pada festival ini, para peserta akan dinilai oleh tiga juri ahli dan nantinya yang terpilih dikirim ke Festival Olahraga Tradisional tingkat nasional 2024 yang diselenggarakan di Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah.sinpo

Komentar: