Evaluasi Mudik 2024, Muhajir Ungkap Jokowi Minta Rest Area Diperbanyak

Laporan: Khaerul Anam
Senin, 06 Mei 2024 | 21:18 WIB
Muhadjir Efendi (SinPo.id/setkab)
Muhadjir Efendi (SinPo.id/setkab)

SinPo.id - Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy menyebut Presiden Jokowi meminta agar rest area di ruas tol diperbanyak.

Pernyataan tersebut disampaikan Muhadjir usai mengikuti rapat terbatas terkait evaluasi arus mudik dan balik Lebaran 2024 di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin, 6 Mei 2024.

"Bapak Presiden telah memerintahkan untuk melakukan perbaikan-perbaikan di beberapa hal yang menjadi catatan, yaitu yang pertama memperbanyak jumlah rest area dan meningkatkan fasilitas di masing-masing rest area yang sudah ada," ungkap Muhadjir.

Muhadjir menambahkan, rest area baru yang akan dibangun sekaligus sebagai buffer zone atau zona penyangga. "Kemudian akan segera dibangun rest area sekaligus untuk buffer zone itu di Km 97 dari arah Jakarta ke Merak," ujarnya.

Selain itu, lanjut Muhadjir, Jokowi juga menyetujui revitalisasi Pelabuhan Jangkar di Situbondo sebagai pelabuhan reguler. Kata Muhadjir, pelabuhan itu nantinya bukan hanya digunakan untuk menangani arus mudik saja.

Menurutnya, masyarakat yang ingin menyeberang dari Jawa ke Nusa Tenggara hingga pulau kecil di sekitar Madura juga bisa melewati pelabuhan tersebut. 

"Sehingga tidak perlu menyeberang beberapa kali karena kalau mereka lewat Ketapang, Gilimanuk, nanti kalau mau ke NTB, mau ke Lombok, harus nyeberang lagi, kalau mau ke Sumbawa harus menyeberang lagi dan ini akan memakan waktu yang banyak sekaligus juga biaya yang tinggi," papar Muhadjir.

"Karena itu, dengan adanya revitalisasi Pelabuhan Jangkar Situbondo itu akan meringankan beban Pelabuhan Ketapang, Gilimanuk," tandasnya.sinpo

Komentar: