Profil Maarten Paes, Kiper FC Dallas yang Baru Jadi WNI

Laporan: Tim Redaksi
Selasa, 30 April 2024 | 18:08 WIB
Maarten Paes usai menjalani sumpah WNI. (SinPo.id/Instagram @futboll.indonesiaa)
Maarten Paes usai menjalani sumpah WNI. (SinPo.id/Instagram @futboll.indonesiaa)

SinPo.id - Kiper yang bermain di Major League Soccer (MLS), Maarten Paes, telah resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI). Penjaga gawang FC Dallas yang lahir di Belanada memiliki darah keturunan Indonesia dari neneknya.

Paes lahir di Nijmegen, Belanda, pada 14 Mei 1998. Dia memulai karier profesionalnya bersama tim kampung halamannya yakni NEC Nijmegen pada 2016.

Sulit menembus tim senior, Paes kemudian pindah ke FC Utrecht. Di sana, dia mencatat 44 kali penampilan di liga (Eredivisie dan Eerste Divisie) dari 2018-2022.

Tak puas dan ingin mendapatkan menit bermain lebih banyak, Paes pindah ke Amerika Serikat dengan bergabung ke Dallas. Di ini Paes tampil cukup sering dan sejak musim 2023 sudah menjadi kiper utama tim.

Pada musim 2023, Paes berkesempatan berhadapan dengan Lionel Messi saat timnya jumpa Inter Miami di League Cup. Sayang Paes dibobol tiga kali oleh La Pulga; dua gol waktu normal dan satu kali dalam adu penalti.

Sementara untuk pengalaman internasional, Paes pernah menjadi bagian tim Belanda kelompok usia. Belanda U-19, U-20, dan U-21 adalah tim-tim yang pernah diperkuatnya dalam rentang waktu 2016 - 2020.

Hal di atas yang sempat mengganjal proses naturalisasi Paes. Sebab dalam aturan FIFA, pemain yang sudah memperkuat negara tertentu sampai usia 21 tahun, sudah tidak bisa memperkuat negara lain.

Berdasarkan catatan, penampilan terakhir Paes bersama Belanda terjadi pada 15 November 2020. Paes yang sudah berusia 22 tahun saat itu memperkuat Belanda U-21 Vs Belarusia di ajang EURO U-21 2021.

PSSI kemudian mengajukan banding ke pengadilan arbitrase olahraga (CAS) agar Paes tetap bisa memperkuat Indonesia. Belum ada kabar lanjutan dari banding PSSI ke CAS ini.sinpo

Komentar: