Sambut Lebaran, KCIC Siapkan 808 Ribu Tempat Duduk Penumpang Whoosh

SinPo.id - PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) menyediakan sebanyak 808.946 tempat duduk dalam 1.346 perjalanan Whoosh selama masa angkutan Lebaran, mulai 21 Maret hingga 11 April 2025. Hal ini untuk mengantisipasi lonjakan penumpang.
"Peningkatan kapasitas ini dilakukan untuk mengantisipasi lonjakan jumlah penumpang, terutama pada tanggal-tanggal favorit yang diprediksi terjadi pada 5 April atau H+2 Lebaran," kata General Manager Corporate Secretary KCIC, Eva Chairunisa dalam keterangannya, Minggu, 16 Maret 2025.
Eva menyampaikan, KCIC mengoperasikan 62 perjalanan reguler per hari, meningkat 20 persen dibanding angkutan Lebaran tahun lalu yang hanya mencapai 52 perjalanan per hari. Dengan peningkatan ini, kapasitas harian juga bertambah menjadi 37.262 tempat duduk, naik dari 31.252 tempat duduk per hari pada tahun lalu.
KCIC pun mengantisipasi peningkatan jumlah penumpang yang diperkirakan terjadi sejak 21 Maret 2024, seiring libur sekolah dan kebijakan Work From Anywhere (WFA) yang diterapkan pemerintah. Selain itu, libur Nyepi 28 Maret juga diperkirakan meningkatkan jumlah penumpang Whoosh secara bertahap.
Oleh sebab itu, Eva mengimbau masyarakat supaya merencanakan perjalanan lebih awal dan membeli tiket secara online. Karena tren saat ini 85 persen penumpang membeli tiket pada hari keberangkatan.
KCIC juga memproyeksikan jumlah penumpang Whoosh selama angkutan Lebaran akan meningkat hingga 30 persen, mencapai hingga 24 ribu penumpang per hari.
"Sebagai perbandingan, pada hari kerja biasa, jumlah penumpang Whoosh berkisar antara 16-18 ribu per hari, sedangkan pada akhir pekan bisa mencapai 18-21 ribu penumpang per hari," kata Eva.
Untuk memastikan keamanan dan keselamatan perjalanan Whoosh, KCIC menugaskan total 530 petugas pengamanan yang tersebar di seluruh stasiun dan jalur kereta. Petugas ini merupakan gabungan dari personel keamanan internal KCIC, TNI, dan Polri. Termasuk menugaskan sebanyak 688 petugas layanan termasuk Passenger Service Mobile yang siap membantu pelayanan penumpang di berbagai stasiun Whoosh.
Dari sisi kesiapan fasilitas pendukung, lanjutnya, KCIC juga telah melakukan pengecekan agar seluruhnya dalam kondisi baik untuk dimanfaatkan penumpang. Adapun sejumlah fasilitas layanan yang telah disiapkan diantaranya area bermain anak, ruang tunggu, ruang VIP, jalur khusus disabilitas, ruang ibu menyusui, pos kesehatan, pos pengamanan, parkir, dan lainnya yang dapat menunjang kenyamanan penumpang selama perjalanan.
"KCIC berkomitmen menghadirkan layanan transportasi yang andal dan nyaman selama periode angkutan Lebaran. Dengan berbagai kesiapan ini, kami siap melayani lonjakan penumpang dan memastikan perjalanan yang lancar serta menyenangkan," tukasnya.
PERISTIWA 1 day ago
PERISTIWA 2 days ago
OLAHRAGA 16 hours ago
PERISTIWA 2 days ago
POLITIK 2 days ago
PERISTIWA 2 days ago
HUKUM 2 days ago
PERISTIWA 1 day ago
PERISTIWA 2 days ago