ANGGARAN TNI

Mendekati 100 Persen, Dave Laksono Puji Penyerapan Anggaran TNI

Laporan: Juven Martua Sitompul
Senin, 30 September 2024 | 17:27 WIB
Anggota Komisi I DPR Dave Laksono (SinPo.id/Dok.Pribadi)
Anggota Komisi I DPR Dave Laksono (SinPo.id/Dok.Pribadi)

SinPo.id - Anggota DPR RI periode 2019-2024, Dave Laksono, menilai penyerapan anggaran TNI selama lima tahun terakhir berlangsung dengan baik. Bahkan, penyerapan anggaran Militer Indonesia itu mendekati angka sempurna.

"Penyerapan anggaran TNI selama lima tahun terakhir telah berlangsung dengan sangat baik. Kita lihat penyerapannya itu selalu mendekati 100 persen," kata Dave kepada SinPo.id, Jakarta, Senin, 30 September 2024.

Politikus Partai Golkar itu mengamini tidak ada lembaga yang bisa merealisasikan penyerapan anggaran negara hingga 100 persen. Dia menyatakan upaya penyerapan selalu menyisakan anggaran, termasuk di TNI.

"Dan itu dikembalikan ke negara sehingga laporannya itu selalu dapat dipertanggungjawabkan," katanya.

Di sisi lain, kata Dave, TNI telah membuktikan jika anggarannya terserap dengan jelas. Mulai dari pengadaan persenjataan, peralatan tempur, peralatan teknis, hingga peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM).

"Dan juga transformasi ke dunia digital, terus berjalan dengan baik walaupun belum sepenuhnya selesai. Karena memang ini kan adalah program berjalan," kata dia.

Dave yang kembali terpilih sebagai Legislator periode 2024-2029 itu juga berharap siapa pun yang nantinya terpilih sebagai Menteri Pertahanan (Menhan) baru dapat sejalan dengan visi misi pemerintahan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. Terpenting, mampu menyempurnakan semua hal baik yang telah dilakukan pemerintahan sekarang.

"Jadi maka itu kita harapkan di pemerintahan ke depan siapa pun Menhan itu yang dipilih oleh Presiden terpilih Prabowo, itu pasti yang sejalan dengan visi-visi beliau, dan akan sanggup dan mampu melanjutkan, menyelesaikan, menyempurnakan semua yang telah dirintis di dalam pemerintahan Presiden Jokowi hari ini," kata Dave.

BERITALAINNYA
BERITATERKINI