PILKADA SERENTAK

Polri: Perlu Sinergisitas yang Kokoh untuk Wujudkan Pilkada Damai

Laporan: Firdausi
Selasa, 10 September 2024 | 11:13 WIB
Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen Trunoyudo Wisnu Andiko (SinPo.id/ Firdausi)
Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen Trunoyudo Wisnu Andiko (SinPo.id/ Firdausi)

SinPo.id - Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen Trunoyudo Wisnu Andiko mengatakan, untuk mewujudkan pilkada damai, perlu menjalin sinergi antara Polri, TNI, pemerintah daerah, dan masyarakat. Kegiatan cooling system juga harus digalakkan di setiap daerah. 

"Mewujudkan pilkada damai perlu sinergi antara Polri, TNI, pemerintah daerah dan masyarakat. Kegiatan cooling ini wujud keseriusan untuk menciptakan pilkada yang berjalan lancar, aman dan damai," kata Trunoyudo dalam keterangannya, Selasa, 10 September 2024. 

Selain sinergisitas, bersilaturahim dengan seluruh tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh adat, organisasi kepemudaan dan kemasyarakatan lainnya perlu ditingkatkan sebagai upaya preemtif dan preventif untuk menjaga situasi Pilkada 2024. 

"Para Kasatwil yakni Kapolres dan para Kapolsek turun ke lapangan temui tokoh-tokoh di daerahnya, bangun narasi besar yakni jaga persatuan dan kesatuan bangsa di atas kepentingan kelompok dan golongan tertentu," pungkasnya. 

Karena itu, dia menyakini upaya-upaya yang dilakukan anggota Polri di seluruh daerah, seperti deklarasi tiga pilar, sebagai langkah awal untuk mewujudkan pilkada aman dan damai. 

"Semoga upaya-upaya yang dilakukan oleh Polri, TNI bersama Forkopimda Kabupaten Bantaeng melalui deklarasi tiga pilar bisa menciptakan pilkada yang aman dan damai," ungkapnya. sinpo