PEMBANGUNAN KUALITAS PARIWISATA

Legislator Dukung Pembangunan Berkelanjutan Kualitas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

Laporan: Juven Martua Sitompul
Jumat, 06 September 2024 | 19:51 WIB
Anggota Komisi X DPR RI Eva Stevany Rataba (SinPo.id/ Parlementaria)
Anggota Komisi X DPR RI Eva Stevany Rataba (SinPo.id/ Parlementaria)

SinPo.id - Anggota Komisi X DPR RI Eva Stevany Rataba mendukung program Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif  (Kemenparekraf RI) yang menitikberatkan pada pembangunan pariwisata berkualitas dan berkelanjutan. Termasuk, penguatan ekosistem ekonomi kreatif berbasis kekayaan intelektual.

Ini disampaikan Eva dalam rapat kerja (raker) Komisi X DPR RI dengan Kemenparekraf RI. Dia berharap Kemenparekraf bisa melakukan pemantauan terhadap biaya UKT Politeknik Pariwisata agar lebih terjangkau oleh masyarakat.

"Kurikulum sesuai dengan kebutuhan dunia usaha, dan dunia industri sehingga dapat meningkatkan dan memperluas kerjasama dengan pelaku industri. Sehingga lulusan Politeknik Pariwisata dapat terserap secara optimal," kata Eva di Kompleks Parlemen, Jakarta, Jumat, 6 September 2024.

Legislator di Fraksi Partai NasDem ini pun mendorong Kemenparekraf agar memastikan SDM di lembaganya yang telah memperoleh pelatihan kewirausahaan untuk berbagi pengetahuan dan keterampilannya pada masyarakat.

Menurutnya, hal ini guna memberikan kemudahan akses dalam pendampingan permodalan sertifikasi hak kekayaan intelektual bagi pelaku usaha Parekraf.

"Sehingga pergerakan laju peningkatan ekonomi industri pariwisata dan ekonomi kreatif di tingkat daerah dapat tercapai secara optimal," kata Legislator Dapil Sulawesi Selatan III ini.

Eva berharap agar Kemenparekraf bisa meningkatkan alokasi anggaran pada pengembangan produk kreatif berbasis konten untuk meningkatkan pemasaran produk, memfasilitasi alat digital, dan infrastruktur jaringan digitalisasi, serta memfasilitasi riset-riset tren produk ekonomi kreatif.

"Sehingga pelaku usaha ekraf dapat meningkatkan kreatifitas dan inovasi atas produk-produknya sesuai dengan kearifan lokal yang tentunya dapat diminati oleh pasar global," katanya.

"Dan yang berikutnya kami mendorong Kemenparekraf agar melakukan optimalisasi terhadap sejumlah desa wisata yang tersebar di seluruh Indonesia dengan fasilitas layanan dan kualitas SDM Parekraf peningkatan produk ekonomi kreatif seperti film, kriya, fashion agar tentunya semakin inovatif dan juga berdaya saing juga peningkatan kualitas dan jumlah layanan tour and travel yang ramah dan tentunya mudah diakses," tegasnya.sinpo