Besok, Paus Fransiskus Bakal Kunjungi Terowongan Silaturahmi Istiqlal-Katedral

Laporan: Tio Pirnando
Rabu, 04 September 2024 | 19:47 WIB
menyambut kunjungan Pemimpin Gereja Katolik Dunia sekaligus Kepala Negara Vatikan, Yang Teramat Mulia Sri Paus Fransiskus di Istana Negara. (SinPo.id/BPMI Setpres)
menyambut kunjungan Pemimpin Gereja Katolik Dunia sekaligus Kepala Negara Vatikan, Yang Teramat Mulia Sri Paus Fransiskus di Istana Negara. (SinPo.id/BPMI Setpres)

SinPo.id - Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar mengatakan, Pemimpin Umat Katolik Sedunia Paus Fransiskus, sangat ingin mengunjungi terowongan yang mengunghubungkan Masjid Istiqlal dengan Gereja Katedral Jakarta, pada Kamis besok. 

Menurut dia, semua persiapan untuk menyambut kedatangan Paus Fransiskus, sudah dilakukan dengan baik. 

"Kita sudah siap semuanya ya, jadi gladi bersih sudah selesai. Dan Masya Allah, Paus akan berkunjung ke tunnel," kata Nasaruddin di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Rabu, 4 September 2024.

Nasaruddin menjelaskan, Terowongan Silaturahmi Istiqlal-Katedral, merupakan terowongan toleransi pertama di dunia. Di dalamnya, juga dilengkapi dengan  simbol-simbol artistik.

"Beliau sangat terkesan ingin mengunjungi masuk ke dalamnya," ucapnya.

Selain itu, lanjut Nasaruddin, dirinya bersama beberapa pemuka agama lain, akan menggelar pertemuan khusus dengan Kepala Negara Vatikan itu, dengan membahas banyak hal. Diantaranya mengenai bagaimana bahasa agama menyelamatkan dunia, memelihara lingkungan hidup. 

Tak terkecuali membahas tema perdamaian dan toleransi. Ia juga menyinggung ada aspek-aspek besar universal keagamaan yang melekat pada Paus, yang tidak jauh dari visi mayoritas umat Islam.

"Karena kita punya concern yang sama. Karena Paus ini kan sangat unik ya, jadi memihak kepada kelompok-kelompok yg tertindas ya, kelompok-kelompok yang termarjinalkan, kelompok-kelompok fakir miskin," ujarnya.sinpo