DPR Soroti Kasus Kekerasan Terhadap Balita oleh Pemilik Daycare

Laporan: Galuh Ratnatika
Jumat, 02 Agustus 2024 | 12:49 WIB
Ketua DPR RI Puan Maharani. (SinPo.id/Dok. Pribadi)
Ketua DPR RI Puan Maharani. (SinPo.id/Dok. Pribadi)

SinPo.id - Ketua DPR RI Puan Maharani, menyoroti kekerasan yang dilakukan pemilik tempat penitipan anak atau daycare di Harjamukti, Cimanggis, Depok, yang dilakukan terhadap batita berusia dua tahun.

Ia mengaku prihatin dan meminta pemerintah untuk memperketat pengawasan dan aturan di tempat penitipan anak (TPA). Karena kekerasan pada anak tidak bisa dibiarkan.

"Anak-anak adalah kehidupan. Mereka berasal dari Tuhan, karenanya tidak ada seorang pun, sekalipun orangtuanya sendiri, yang boleh menyakitinya. Kekerasan pada anak tidak bisa dibiarkan,” kata Puan dalam keterangan persnya, dikutip Jumat 2 Agustus 2024.

Ia juga menekankan pentingnya pendampingan hukum dan psikologi bagi para korban dan keluarganya untuk mengatasi trauma yang dialami korban.

“Meskipun korban masih (berusia) dua tahun namun memori bawah sadarnya akan tetap merekam kejadian yang ia terima, alam bawah sadarnya merekam luka dan trauma. Ini harus dipulihkan demi perkembangan masa depannya," tegasnya.

Di samping itu, ia juga mendesak pihak kepolisian untuk menindaklanjuti kasus tersebut, dan mendorong agar program peningkatan kualitas layanan daycare dioptimalkan, karena keselamatan anak menjadi prioritas.sinpo

Komentar: