Kebakaran Hutan di California Lebih Luas dari Kota Los Angeles

Laporan: Galuh Ratnatika
Rabu, 31 Juli 2024 | 07:35 WIB
Sumber: AP
Sumber: AP

SinPo.id -  Petugas pemadam kebakaran California mengatakan, kebakaran yang terjadi di hutan belantara terpencil di utara Sacramento, Amerika Serikat (AS), telah meluas hingga hampir 600 mil persegi, lebih besar dari kota Los Angeles.

Kebakaran yang meluas hingga 383.600 hektar tersebut, menjadi kebakaran hutan terbesar keenam dalam sejarah California. Lebih dari 5 ribu petugas pemadam kebakaran dari seluruh California dan negara bagian lain ikut bekerja sepanjang waktu untuk memadamkan api.

"Kebakaran yang dipicu oleh rumput kering, semak belukar, dan kayu, bergerak cepat," kata Kapten Pemadam Kebakaran, Dan Collins, dari Departemen Kehutanan dan Perlindungan Kebakaran California atau Cal Fire. Dilansir dari CNA, Rabu 31 Juli 2024.

"Kebakaran ini memiliki banyak bahan bakar yang mudah terbakar, dan sulit dijangkau. Jalur api membentang sejauh 260 mil, seukuran tiga Danau Tahoe. Diperlukan waktu dua hingga tiga jam untuk mengerahkan personel ke sana melewati medan," imbuhnya.

Selain itu, petugas pemadam kebakaran mengatakan, lebih dari 4 ribu warga California telah dievakuasi lantaran petugas hanya berhasil memadamkan 14 persen lahan yang terbakar pada hari Selasa, yang telah membuat banyak bangunan hancur.

Sementara seorang ahli meteorologi di National Weather Service, Ashton Robinson Cook, mengatakan suhu akan mencapai 100 derajat Fahrenheit atau 37,8°C pada hari Rabu dan suhu tertinggi dapat bertahan pada level itu hingga Senin depan, dengan kelembapan relatif turun hingga 7 persen. 


sinpo

Komentar: