PENGELOLAAN SAMPAH

DPR Soroti Pentingnya Perhatian Masalah Sampah dan Lingkungan

Laporan: Galuh Ratnatika
Jumat, 19 Juli 2024 | 16:07 WIB
Anggota Komisi IV DPR RI Andi Akmal Pasluddin (SinPo.id/ Parlementaria)
Anggota Komisi IV DPR RI Andi Akmal Pasluddin (SinPo.id/ Parlementaria)

SinPo.id - Anggota Komisi IV DPR RI, Andi Akmal Pasluddin, menyoroti pentingnya perhatian terhadap masalah sampah dan lingkungan, mengingat sampah akan menjadi ancaman di masa depan jika tidak dikelola dengan baik.

Ia menegaskan, Komisi IV DPR RI bersama Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), terus memberikan penguatan kepada pemerintah pusat terkait masalah lingkungan dan sampah.

"Saat rapat Badan Anggaran (Banggar) DPR RI dengan Menteri Keuangan, saya sangat menyoroti masalah anggaran kementerian dan juga Dana Alokasi Khusus (DAK) untuk pengelolaan lingkungan dan sampah yang sangat minim," kata Andi, dalam keterangan persnya, dikutip Jumat 19 Juli 2024.

"Ini akan menjadi ancaman bagi kita ke depannya. Sampah pasti ada di sekitar kita, kalau tidak dikelola dari sekarang, akan menjadi ancaman besar," lanjutnya.

Menurutnya, DPR RI memiliki fungsi legislasi untuk membuat undang-undang yang mendukung pengelolaan sampah yang lebih baik. Terlebih DPR bersama mitra kerja juga telah memberikan banyak bantuan untuk pengelolaan sampah, termasuk mobil dum truck dan motor tiga roda.

Selain itu, fungsi anggaran juga terus didorong untuk penambahan anggaran guna lingkungan dan pengelolaan sampah, meskipun hal itu juga tergantung pada eksekutif seperti Bappenas dan Kementerian Keuangan.

"Kami juga memberikan bantuan untuk pengolahan limbah rumah tangga dan industri kecil rumah tangga," jelasnya.sinpo

Komentar: