Kunjungan ke Indonesia, Kepolisian Kamboja Ingin Belajar ke Polri soal Gender

Laporan: Firdausi
Kamis, 11 Juli 2024 | 13:39 WIB
Kunjungan kepolisian Kamboja ke polisi Indonesia (SinPo.id/Dok.Polri)
Kunjungan kepolisian Kamboja ke polisi Indonesia (SinPo.id/Dok.Polri)

SinPo.id - Pakor Polwan RI, Brigjen Desy Andriani menerima delegasi kepolisian Kamboja yang dipimpin Pol. Lt. Gen. Ros Chansophea, Wakil Komisaris Jenderal Kepolisian Nasional Kamboja di SSDM Polri. 

Kunjungan ini dalam rangka polisi Kamboja ingin belajar ke polisi Indonesia perihal pemberdayaan Polisi Wanita (Polwan) dan pengarusutamaan gender di lingkungan Polri.

“Mereka datang untuk melaksanakan studi banding terutama dalam masalah rekrutmen, woman leadership, dan juga bagaimana menyikapi tantangan tugas ke depan khususnya tentang isu Gender-based violence (GBV)," kata Desy Andriani dalam keterangannya, Kamis, 11 Juli 2024. 

Desy menambahkan bahwa kunjungan kepolisian Kamboja atas Kerjasama dengan United Nations Office on Drugs and Crime (UNODC). 

Dalam pertemuan yang berlangsung cair dan akrab ini, Pol. Lt. Gen. Ros Chansophea menyatakan ketertarikannya dengan berbagai inisiatif Polri, termasuk sosialisasi pengarusutamaan gender, pelatihan dan mentoring gender, serta penyediaan tunjangan khusus dan fasilitas bagi Polwan. 

“Saya sudah pernah bertemu Brigjen Desy dan delegasi Polwan RI sebelumnya di event regional dan internasional. Mereka sangat ramah. Bagi saya Indonesia adalah teman yang baik, sangat terbuka dan suportif," ujarnya. 

"Kami sangat tertarik melakukan studi banding tentang isu Gender-based violence, dan pengarusutamaan gender. Saya sangat yakin akan terjalin kerjasama yang erat dan saling membantu antara kedua lembaga kepolisian,” tambahnya lagi. 

Untuk meningkatkan peran perempuan dalam penegakan hukum di wilayah ASEAN, diharapkan dari pertemuan ini bisa terbentuk asosiasi Polwan se-ASEAN.

Pelaksanaan studi banding delegasi Kepolisian Kamboja di Indonesia berlangsung tanggal 19 – 21 Juli 2024.sinpo

Komentar: