Daging Dam Jemaah Dikirim ke Indonesia, Menko PMK: Perizinan Sudah Siap

Laporan: Tio Pirnando
Sabtu, 06 Juli 2024 | 11:17 WIB
Menko PMK Muhadjir Effendy di Arab Saudi. (SinPo.id/dok. Kemenag)
Menko PMK Muhadjir Effendy di Arab Saudi. (SinPo.id/dok. Kemenag)

SinPo.id - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengapresiasi perbaikan tata kelola Dam yang dilakukan pada penyelenggaraan ibadah haji 1445 H/2024 M. Tahun ini, rencananya  sebagian daging dam petugas dan jemaah haji Indonesia akan dikirim ke Tanah Air. 

"Kami tadi sudah mendiskusikan bermacam hal yang berkaitan dengan rencana mengirimkan daging kurban jemaah haji Indonesia. Tahun ini kita belum mengirimkan secara besar-besaran, karena masih dalam proses trial," kata Muhadjir usai mengunjungi perusahaan pengepakan daging di Makkah, Arab Saudi, ditulis Sabtu, 6 Juli 2024. 

"Untuk perizinan di Indonesia, alhamdulillah saya mengucapkan terima kasih dari Kementerian-kementerian terkait, mulai dari Kementerian Pertanian, kemudian juga BPOM, Ditjen Imigrasi semua sudah siap," sambungnya. 

Muhadjir mengungkapkan, pihaknya bersama stakeholder terkait telah mengecek kesiapan daging kurban yang akan dikirimkan ke Indonesia. 

"Dari BPOM juga sudah ada di sini untuk memastikan proses mulai dari penyembelihan, termasuk pengadaan kambing sampai selanjutnya jadi daging matang yang siap dikirim ke Indonesia, itu sudah dipastikan aman sesuai dengan standar," tuturnya.

Setiap proses pengepakan juga menjadi perhatian pemerintah, untuk memastikan daging yang dikirimkan ke Tanah Air layak dikonsumsi. 

"Semua dipastikan bahwa berbagai macam penyakit dan bakteri termasuk PMK (penyakit mulut dan kaki) itu betul-betul mati sehingga kita memastikan bahwa membawa daging tersebut dalam keadaan aman ke Indonesia," tandasnya. sinpo

Komentar: