DPR: Kebocoran Data Tunjukkan Kelemahan di Dunia Digital Masih Banyak

Laporan: Galuh Ratnatika
Selasa, 02 Juli 2024 | 18:08 WIB
Anggota Komisi I DPR RI, Dave Laksono. (SinPo.id/Dok. Pribadi)
Anggota Komisi I DPR RI, Dave Laksono. (SinPo.id/Dok. Pribadi)

SinPo.id - Anggota Komisi I DPR RI, Dave Laksono, mengatakan kebocoran data yang berkaitan dengan diretasnya Pusat Data Nasional (PDN), telah menunjukkan kelemahan duna digitalisasi dalam negeri.

"Ini menunjukkan bahwa masih banyak kelemahan-kelemahan di dalam dunia digitalisasi, khususnya berkaitan dengan kedaulatan dunia siber kita," kata Dave melalui keterangan persnya, Selasa 2 Juli 2024.

Menurutnya, pemerintah, khususnya kementerian terkait harus dapat segera menyelesaikan permasalahan yang ada, agar ke depannya tidak ada lagi kebocoran data yang merugikan banyak pihak.

"Ini bukan hanya menjadi catatan, akan tetapi harus menjadi prioritas dari pemerintah, khususnya di kementerian teknis terkait untuk benar benar menyelesaikan dan merampungkan, baik dari sisi aturannya, sisi programnya, dan juga pembangunan akan konsep besarnya dari digitalisasi kita," jelasnya.

Oleh karena itu, Dave meminta agar sistem keamanan PDN dapat disempurnakan agar semua program pemerintah yang berkaitan dengan digitalisasi dapat segera tercapai, terutama untuk mendorong digitalisasi ekonomi.

"Transformasi dunia ekonomi kita menuju Internet of Things, bila mana tidak diberikan kenyamanan, ketenangan, kepastian akan jaringan dan juga jaminan hukum daripada dunia siber kita, ini menghambat progres-progres yang presiden telah mulai," tandasnya.sinpo

Komentar: