Pansel Bantah Pendaftaran Capim dan Dewas KPK Sepi Peminat

Laporan: david
Selasa, 02 Juli 2024 | 03:50 WIB
KPK
KPK

SinPo.id -  Panitia seleksi (pansel) calon pimpinan dan dewan pengawas (Dewas) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) membantah anggapan bahwa pendaftaran posisi strategis di KPK sepi peminat.

Hingga Senin, 1 Juli 2024, tercatat baru 10 orang mendaftarkan diri sebagai capim dan 16 orang sebagai calon Dewas KPK.

"Kan baru mulai (masa pendaftaran). (Banyak orang) sudah buat akun kok," kata Yusuf ketika ditemui di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin.

Dia menilai pendaftaran tak sepi peminat karena sudah ada ratusan orang yang mendaftarkan akun. Tercatat sudah ada 318 orang yang sudah mendaftarkan akun di situs resmi.

Dia menjelaskan para pendaftar pasti memerlukan banyak waktu untuk menyiapkan dokumen yang diperlukan. Itu bukan berarti pendaftaran capim dan calon dewas KPK sepi peminat.

"Kan (perlu) dokumen. Nanti (mendaftar melampirkan) dokumen. Kan perlu waktu itu, biasalah," ucap dia.

Pendaftaran capim dan calon dewas KPK dibuka selama 20 hari, yaitu pada 26 Juni hingga 15 Juli 2024. Artinya pada Senin, maka masa pendaftaran hanya tinggal 14 hari lagi.

Untuk mendaftar sebagai capim dan calon dewas KPK, pendaftar harus terlebih dahulu membuat akun di laman https://apel.setneg.go.id/.

Nantinya setelah melalui proses pendaftaran dan tahapan selesi lainnya, akan dipilih 10 nama capim dan 10 nama calon dewas KPK yang akan disampaikan kepada Presiden Joko Widodo untuk kemudian diteruskan ke DPRsinpo

Komentar: