DPR Sebut Pembahasan RUU Energi Baru dan Energi Terbarukan Hampir Rampung

Laporan: Galuh Ratnatika
Rabu, 26 Juni 2024 | 22:47 WIB
Wakil Ketua Komisi VII DPR RI, Eddy Soeparno (SinPo.id/Parlementaria)
Wakil Ketua Komisi VII DPR RI, Eddy Soeparno (SinPo.id/Parlementaria)

SinPo.id - Wakil Ketua Komisi VII DPR RI, Eddy Soeparno, mengatakan pembahasan Rancangan Undang-Undang Energi Baru dan Energi Terbarukan (RUU EBET) sudah hampir selesai atau mendekati tahap final.

"Sudah hampir selesai (pembahasan RUU EBET)," kata Eddy, di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Rabu, 26 Juni 2024.

Ia menjelaskan, pemerintah dan DPR telah membuat terobosan dengan mengurai permasalahan terkait Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) dalam RUU EBET, dan masalah tersebut telah diselesaikan.

"Tinggal sekarang kita membahas satu masalah adalah sewa jaringan, power wheeling, dan itu nanti kita akan bahas dalam rapat kerja dengan Menteri ESDM tanggal 9 Juli yang akan datang. Ketika itu selesai, nanti kita bawa ke paripurna untuk persetujuan tingkat satu," ungkapnya.

Selain itu, Eddy juga menegaskan tidak ada polemik dalam pembahasan RUU EBET, meskipun ada sedikit perdebatan. Namun pembahasannya akan segera dilanjutkan.

"Yang kemaren itu ada sedikit irisan adalah dengan Kementerian Perindustrian terkait TKDN tetapi kita sudah bisa rampungkan dan apa yang sudah kita tetapkan kemaren itu saya kira solusi terbaik untuk hal ini," tandasnya.

BERITALAINNYA
BERITATERKINI