Sekjen Gerindra Ingatkan Kembali Tekad Prabowo-Gibran Wujudkan Swasembada Pangan

Laporan: Juven Martua Sitompul
Selasa, 25 Juni 2024 | 20:21 WIB
Sekjen Gerindra Ahmad Muzani (SinPo.id/Dok. Gerindra)
Sekjen Gerindra Ahmad Muzani (SinPo.id/Dok. Gerindra)

SinPo.id - Ketua Fraksi Gerindra DPR RI, Ahmad Muzani, mengingatkan kembali tekad Presiden dan Wakil Presiden terpilih Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka untuk menjadikan Indonesia sebagau negara swasembada pangan.

Ini disampaikan Muzani dalam seminar nasional yang digagas Fraksi Gerindra dengan tajuk 'Strategi Mewujudkan Swasembada Pangan Menuju Indonesia Emas 2045'. Diharapkan banyak gagasan atau ide konkret yang disampaikan dalam seminar untuk mewujudkan program prioritas tersebut.

"Salah satu janji Pak Prabowo saat kampanye menjadi calon presiden, beliau bertekad akan mewujudkan swasembada pangan, swasembada energi. Yang kita bicarakan pada seminar diskusi pada hari ini adalah bagaimana membicarakan swasembada pangan itu bisa diwujudkan dalam pemerintahan Prabowo-Gibran," kata Muzani saat membuka acara di Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa, 25 Juni 2024.

Muzani mengatakan jika Prabowo saat ini tengah mempersiapkan segala hal untuk mewujudkan janji-janji kampanyenya. Salah satu janji kampanye yang sedang digarap secara sungguh-sungguh adalah swasembada pangan, termasuk makan bergizi.

Menurut Muzani, sejauh ini ada banyak masyarakat beralih untuk memajukan sektor pangan dengan bertani hingga berternak. Dia mengatakan antusiasme orang-orang di daerah cukup tinggi menyambut program makan bergizi gratis.

"Di mana-mana orang mulai beralih menjadi peternak susu, di mana-mana orang mulai beralih bagaimana membuat ayam bisa bertelur, semangat untuk menanam sayur, di mana-mana orang ingin berpikir bagaimana menjadi supplier kebutuhan pangan untuk memenuhi kebutuhan pangan yang bergizi. Dan di mana-mana orang di daerah bertanya kapan ini program imi bisa dimulai? Ini berkah kekuasaan," kata dia.

Pada kesempatan yang sama, Wakil Ketua Komisi IV DPR RI dari Fraksi Partai Gerindra, Budisatrio Djiwandono, mengatakan krisis pangan menjadi tantangan global untuk sekarang. Untuk itu, kata dia, swasembada pangan menjadi program prioritas Prabowo-Gibran.

"Kondisi dunia saat ini sedang dihadapkan dengan krisis pangan akibat kondisi geopolitik dan juga dampak dari perubahan iklim. Sehingga swasembada pangan merupakan program prioritas bagi presiden dan wapres pada saat ini dan presiden dan wapres terpilih 2024," kata Budi.

Hadir sejumlah tokoh dalam seminar ini. Mereka antara lain, Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani, Budisatrio Djiwandono yang juga Wakil Ketua Umum DPP Partai Gerindra, dan Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman.

Kemudian, Kepala Badan Pangan Nasional RI Arief Prasetyo, Dirjen Tanaman Pangan Kementan Suwandi, Guru Besar IPB Rachmat Pambudy, Sekjen DPN HKTI Sadar Subagyo, Ketua Umum Serikat Petani Indonesia Hendry Saragih, dan sejumlah kader Gerindra.

BERITALAINNYA
BERITATERKINI