SERVER PDN KOMINFO

Kapolri Gandeng BSSN Usut Tuntas Lumpuhnya Server PDN Kominfo

Laporan: Firdausi
Senin, 24 Juni 2024 | 16:55 WIB
Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo (SinPo.id/ Dok. Polri)
Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo (SinPo.id/ Dok. Polri)

SinPo.id - Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo mengatakan, pihaknya bekerja sama dengan Badan Siber dan Sandi Nasional (BSSN) untuk turut mendalami permasalahan terkait gangguan server Pusat Data Nasional (PDN) Kementerian Informasi dan Komunikasi (Kominfo). 

"Terkait dengan itu, kita kerja sama dengan BSSN untuk melakukan semacam assessment, research,” kata Sigit kepada wartawan, Senin, 24 Juni 2024. 

Sigit menegaskan, bila dalam pendalaman ditemukan tindak pidana dalam peristiwa yang terjadi pada Kamis, 20 Juni 2024 itu, maka pihaknya akan memprosesnya dengan menindak tegas. 

"Nanti apabila ditemukan maka kemudian peristiwa pidana diproses oleh kepolisian. Ini sudah biasa kita melaksanakan joint dengan temen temen yang membidangi siber," tegasnya. 

Sebelumnya, Direktorat Jenderal (Ditjen) Imigrasi Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM) mengumumkan bahwa Server PDN mengalami gangguan. 

Akibatnya, layanan keimigrasian pada unit pelaksana teknis seperti kantor imigrasi, unit layanan paspor, unit kerja keimigrasian serta tempat pemeriksaan imigrasi pada bandar udara dan pelabuhan mengalami kendala. 

"Meskipun sistem sedang terkendala, Imigrasi tetap memberikan pelayanan seoptimal mungkin agar penumpang tetap berangkat sesuai jadwal pesawat, begitupun pada saat kedatangan," tulis akun Instagram resmi @ditjen_imigrasi, Kamis, 20 Juni 2024.

BERITALAINNYA
BERITATERKINI