Menteri Suharso Heran Ada Pejabat Eselon I Bappenas Terima Bansos

Laporan: Tio Pirnando
Kamis, 20 Juni 2024 | 14:56 WIB
Menteri PPN/Bappenas Suharso Monoarfa. (SinPo.id/dok. Bappenas)
Menteri PPN/Bappenas Suharso Monoarfa. (SinPo.id/dok. Bappenas)

SinPo.id - Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa mengatakan, saat ini penyaluran bantuan sosial (bansos) dari pemerintah masih ada yang tidak tepat sasaran. Salah satunya terjadi kepada pejabat eselon I Kementerian Bappenas yang malah menerima bansos.

"Eselon I di Bappenas itu bisa menerima bansos, kan aneh. Pak Sekjen (Kemenkeu) saja ketawa. Sampai sekarang masih terima saya kira. Kemarin saya tanya masih terima (bansos)? Dia sudah berikan kepada yang lebih berhak," kata Suharso dalam Peluncuran Kolaborasi Pemanfaatan Sistem Data Regsosek di Gedung Dhanapala Kementerian Keuangan, Jakarta Pusat, Kamis, 20 Juni 2024. 

Suharso berharap, melalui pendataan Registrasi Sosial Ekonomi (Regsosek), basis penerima manfaat sosial bisa lebih tepat sasaran lagi. Dengan begitu alokasi dana dari APBN menjadi lebih efektif.

Karena, informasi yang dimiliki Regsosek, akan memudahkan untuk mengidentifikasi para penerima manfaat atau kelompok penerimaan manfaat.

Misalnya, data Regsosek dapat menganalisis kondisi rumah serta anggota rumah tangga. Shingga bisa memastikan jenis-jenis bantuan yang akan diberikan kepada mereka.

Dengan demikian, akan memberikan dampak yang optimal bagi masyarakat baik secara individual maupun lingkungan untuk mencapai kesejahteraan.

"Diharapkan dapat memperbaiki basis penerima manfaat atas belanja-belanja sosial yang dialokasikan dalam APBN," sebut Suharso.

Selain itu, ia juga berharap, lewat data Regsosek, angka kemiskinan ekstrem dan kemiskinan pada umumnya dapat teratasi. 

"Kita memang harus menemukan strategi tepat untuk merencanakan dengan baik. Penyaluran program-program pemerintah yang didanai belanja sosial, subsidi kita, jatuh kepada orang yang tepat," katanya.sinpo

Komentar: