KABINET VLADIMIR PUTIN

Putin Berhentikan Empat Deputi Menhan Rusia

Oleh: VOA Indonesia
Selasa, 18 Juni 2024 | 08:48 WIB
Presiden Rusia, Vladimir Putin (SinPo.id/Wikimedia Commons)
Presiden Rusia, Vladimir Putin (SinPo.id/Wikimedia Commons)

SinPo.id - Presiden Vladimir Putin memberhentikan empat deputi menteri pertahanan Rusia pada hari Senin, 17 Juni 2024. Salah seorang penggantinya ditengarai sebagai kerabat dekat Putin.

Pemecatan deputi pertahanan Nikolai Pankov, Ruslan Tsalikov, Tatiana Shevtsova dan Pavel Popov terkait dugaan suap pada April lalu. Sebelumnya, Putin juga telah memecat Menteri Pertahanan Sergei Shoigu pada bulan Mei.

Pemecatan tersebut diduga bagian dari penggeledahan militer yang dilakukan oleh Putin dalam upaya memperkuat pasukan Rusia di garis depan di Ukraina. Perubahan serupa terakhir di kementerian itu terjadi setelah invasi besar-besaran pada Februari 2022.

Empat orang yang mengisi lowongan tersebut termasuk Anna Tsivileva, putri mendiang sepupu Putin. Tsivilyova sebelumnya mengepalai dana negara Rusia untuk mendukung pasukan, posisi yang juga ditunjuk oleh presiden.

Orang-orang baru lainnya yang diangkat adalah Pavel Fradkov, mantan wakil kepala administrasi kepresidenan dan putra mantan perdana menteri dan kepala intelijen luar negeri Mikhail Fradkov, mantan wakil menteri perekonomian Oleg Savelyev, dan mantan pejabat tinggi pembangunan ekonomi Leonid Gornin.

Pemecatan terjadi setelah Putin mengajukan prasyarat baru-baru ini untuk mengadakan perundingan damai dengan Kyiv, yang menuntut penarikan penuh pasukan Ukraina dari wilayah-wilayah yang diduduki Rusia di negara tersebut.sinpo

Komentar: