Timwas Haji DPR Minta Pemerintah Tingkatkan Kenyamanan Jamaah Haji saat Lempar Jumrah

Laporan: Galuh Ratnatika
Senin, 17 Juni 2024 | 07:48 WIB
Ilustrasi lempar jumrah
Ilustrasi lempar jumrah

SinPo.id -  Anggota Tim Pengawas (Timwas) Haji DPR RI, Endang Maria Astuti, mendesak pemerintah untuk meningkatkan kenyamanan jemaah haji Indonesia saat menjalankan ibadah lempar jumrah di Mina. Pasalnya, upaya pemerintah dalam mengatasi keterbatasan ruang di Mina sangat minim.

“Semestinya Pemerintah mengambil inisiatif seperti yang pernah saya bilang berkali-kali. Jika memang space di Mina itu terbatas, coba di-mapping dan di-mitigasi jemaah yang bisa dipulangkan ke hotel atau maktab agar mereka lebih nyaman,” kata Endang, dalam keterangan persnya, dikutip Senin 17 Juni 2024.

Menurutnya, kenyamanan jemaah dari berbagai aspek, termasuk fasilitas mandi, cuci, kakus (MCK), dan kualitas tidur sangatlah penting. Karena dengan tidur nyenyak, maka stamina jamaah juga akan terjamin. 

“Pada saat di Mina, hotel-hotel di dekatnya bisa dijadikan tempat istirahat sementara bagi jemaah. Mereka bisa pulang ke hotel setelah lempar jumrah untuk istirahat dengan nyaman,” katanya menyarankan.

Oleh karena itu, ia meminta pemerintah untuk mengatasi masalah tersebut, dan berharap pemerintah dapat segera melakukan tindakan nyata untuk meningkatkan kenyamanan dan keselamatan jemaah selama menjalankan ibadah di Mina. Mengingat kondisi di Mina yang seringkali penuh sesak dan kurang nyaman bagi jamaah haji. 

 sinpo

Komentar: