SINERGITAS BAWASLU DAN KPU

Bawaslu Tekankan Pentingnya Sinergitas dengan KPU dalam Pemilu dan Pilkada

Laporan: Sigit Nuryadin
Selasa, 11 Juni 2024 | 21:12 WIB
Komisioner Bawaslu Herwyn JH Malonda (SinPo.id/Dok. Bawaslu)
Komisioner Bawaslu Herwyn JH Malonda (SinPo.id/Dok. Bawaslu)

SinPo.id - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI menilai hubungan antar penyelenggara pemilu (KPU dan Bawaslu secara khusus) harus selalu bersinergi dalam segala tahapan ajang Pemilu dan Pilkada 2024.

Anggota Bawaslu Herwyn JH Malonda menyebut tujuan sinergitas tersebut agar tahapan yang dijalankan kedua lembaga itu, tetap sesuai dengan regulasi yang ada.

"Sinergitas kedua lembaga penting, guna menjamin kerja-kerjanya sesuai dengan 'rel' yang ada," kata Herwyn dalam keterangannya, Selasa, 11 Juni 2024.

Menurut dia sinergitas kedua lembaga bisa dijalankan dengan dilakukannya saling koreksi kerja yang dinilai tidak sesuai dengan hukum dan etika. 

Koreksi ini, kata dia, hanya mencakup tatanan teknis Kepemiluan untuk mewujudkan penyelenggara pemilu yang berintegritas dan profesional. Semisal, Bawaslu memberikan rekomendasi kepada KPU untuk melakukan perbaikan apabila ada potensi kelalaian KPU, dan membuka akses informasi sehingga Bawaslu dapat bekerja dengan baik.

Begitupun sebaliknya, lanjut dia, KPU bisa mengingatkan Bawaslu apabila dalam melakukan fungsi pengawasan pemilu tidak salah melangkah.

"Nah koordinasi ini sangat penting dalam mengambil kebijakan dan menjalankan fungsi kelembagaan," ungkap dia. 

Kendati demikian, Herwyn menegaskan, hubungan sinergitas kedua lembaga kepemiluan tersebut jangan sampai disalahgunakan demi kepentingan sesuatu. Sehingga kepercayaan publik terhadap kerja kedua lembaga akan meningkat.

"Jangan sampai, sinergisitas kedua lembaga dijadikan konspirasi kepentingan," tandasnya. sinpo

Komentar: