Polri Imbau Masyarakat Cermat dalam Memilih Bus Pariwisata

Laporan: Khaerul Anam
Senin, 10 Juni 2024 | 16:16 WIB
Dirgakkum Korlantas Polri Brigjen Pol Raden Slamet Santoso (SinPo.id/Humas Polri)
Dirgakkum Korlantas Polri Brigjen Pol Raden Slamet Santoso (SinPo.id/Humas Polri)

SinPo.id - Dirgakkum Korlantas Polri Brigjen Pol Raden Slamet Santoso mengimbau masyarakat untuk berhati-hati dalam memilih bus pariwisata saat bepergian.

Slamet menekankan pentingnya memastikan kondisi kendaraan yang digunakan dalam keadaan prima dan laik jalan demi keamanan selama perjalanan.

“Tanyakan kepada yang bersangkutan, kendaraan apa yang digunakan, KIR-nya hidup atau tidak, administrasinya STNK masih hidup atau tidak. Kemudian kualitas dari pengemudinya bagus atau tidak itu silakan ditanya, sehingga kita bisa terjamin keselamatan serta keamanan kita, anak-anak kita, keluarga kita melakukan wisata di suatu tempat,” ujar Slamet kepada wartawan, Senin, 10 Juni 2024.

Slamet juga menyarankan masyarakat untuk memanfaatkan aplikasi Spionam untuk melakukan pengecekan kriteria dan kondisi kendaraan sebelum menyewa bus pariwisata.

Sementara itu, untuk mencegah terjadinya kasus kecelakaan yang fatal di masa depan, Dirgakkum telah mengerahkan personelnya untuk melakukan pemeriksaan gabungan terhadap bus-bus pariwisata. Pemeriksaan ini akan dilakukan bersama dengan jajaran Kementerian Perhubungan (Kemenhub) di berbagai wilayah.

“Kami sudah rencanakan dan saya sudah keluarkan petunjuk arahan ke jajaran Dirlantas se-Indonesia untuk melakukan pemeriksaan gabungan antara Kementerian Perhubungan, Dinas Perhubungan Provinsi/Kabupaten dengan Kepolisian dalam hal ini mulai dari Korlantas, Polda hingga Polres untuk pemeriksaan gabungan,” tutu Slamet.

Slamet juga menegaskan bahwa pihaknya tidak akan segan untuk memeriksa tidak hanya pengemudi, tetapi juga manajer operasional dan pengusaha bus pariwisata yang melanggar aturan, terutama jika hal tersebut mengakibatkan kecelakaan yang fatal.sinpo

Komentar: