DPR Minta Pemerintah Lebih Berkontribusi dalam Menyediakan Bahan Baku Makanan untuk Jemaah Haji

Laporan: Galuh Ratnatika
Minggu, 09 Juni 2024 | 14:13 WIB
Anggota Tim Pengawas (Timwas) Haji DPR RI, Endang Maria Astuti. (SinPo.id/Parlementaria)
Anggota Tim Pengawas (Timwas) Haji DPR RI, Endang Maria Astuti. (SinPo.id/Parlementaria)

SinPo.id - Anggota Tim Pengawas (Timwas) Haji DPR RI, Endang Maria Astuti, meminta pemerintah untuk berkontribusi lebih menyediakan bahan baku makanan untuk jemaah haji Indonesia yang jumlahnya mencapai 241 ribu.

Menurutnya, banyaknya jemaah haji dapat memberikan keuntungan bagi Indonesia dari penyelenggaraan haji setiap tahunnya. Sehingga pemerintah seharusnya dapat memberikan benefit benefit dari penyelenggaraan haji, yakni dengan mengekspor bahan baku makanan ke Arab Saudi.

“Jadi sebetulnya secara pribadi sejak tahun 2016, 2017, dan 2018 kita setiap tahun ketika meninjau selalu mendorong untuk bahan baku itu diambil dari Indonesia," kata Endang, dalam keterangan persnya dikutip pada Minggu, 9 Juni 2024.

"Jadi jemaah haji Indonesia memberikan masukan ke sini, tetapi dari sinipun juga memberi masukan ke Indonesia, dari sisi bahan baku makanan,” lanjutnya.

Ia mengatakan, langkah ekspor bahan baku makanan bisa diawali oleh Kementerian Perdagangan (Kemendag) dengan melakukan study banding ke negara existing ekspor bahan baku makanan ke Arab Saudi.

“Kita berharap tentunya mendag ini ke depan mungkin studi banding bahan baku yang standart seperti apa kemudian bisa dicari di Indonesia untuk dikembangkan karena ini tiap tahun akan memberikan benefit untuk Indonesia. Besar harapan kami juga akan seperti itu,” tuturnya.

Di samping itu, kata Endang, BUMN juga dapat turut aktif dalam melihat peluang apa saja yang bisa dimaksimalkan untuk mendapatkan keuntungan dari penyelenggaran haji. Sehingga diharapkan dapat memenuhi kebutuhan haji dan umrah Indonesia.sinpo

Komentar: