Legislator Kaltim: Basuki Hadimuljono Sangat Kompeten Jadi Kepala Otorita IKN

Laporan: Tim Redaksi
Senin, 03 Juni 2024 | 13:43 WIB
Legislator asal Kalimantan Timur, Irwan Fecho. (SinPo.id/DPR RI)
Legislator asal Kalimantan Timur, Irwan Fecho. (SinPo.id/DPR RI)

SinPo.id - Legislator asal Kalimantan Timur (Kaltim), Irwan, menyatakan bahwa Basuki Hadimuljono sangat kompeten untuk menjabat sebagai Kepala Otorita Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Ia mengusulkan, Basuki diangkat menjadi Kepala Otorita IKN definitif usai menyelesaikan tugas sebagai Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

"Pendapat saya pribadi malah setuju jika Kepala Otorita IKN definitif nanti tetap diberikan ke pak Basuki pasca tugasnya di kementerian PUPR berakhir," kata Irwan kepada wartawan pada Senin, 3 Juni 2024.

Irwan meyakini, pembangunan IKN di bawah Basuki akan berlanjut sesuai dengan perencanaan.

Namun, ia, menyerahkan penunjukan Kepala Badan Otorita IKN definitif pengganti Bambang Susantono yang telah mengundurkan diri kepada Presiden RI.

"Tapi itu tentu hak prerogatif presiden ya. Saya pikir pak Basuki sangat kompeten disitu dan menjamin IKN bisa terus berlanjut sesuai perencanaan dan harapan kita semua," kata Ketua DPD Partai Demokrat Kaltim itu.

Irwan juga menyampaikan, pemberhentian dengan hormat oleh Presiden RI kepada Kepala dan Wakil Otorita IKN merupakan hal biasa. Ia bilang, Presiden RI pasti akan mencari sosok pengganti pejabat yang mengundurkan diri.

Anggota Komisi V DPR RI itu pun kembali menyampaikan, penunjukan Basuki sebagai Plt Kepala Otorita IKN sangat tepat.

"Secara defacto memang yang dari sisi anggaran, perencanaan dan pelaksanaan pembangunan IKN di lapangan sejak awal itu ya sebagian besarnya ada di Kementerian PUPR," katanya.

Juru Bicara Tim Kampanye Nasional Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka di Pilpres 2024 itu pun meyakini proses pembangunan IKN di bawah komando basuki tidak akan stagnan, apalagi berhenti.

Termasuk, lanjutnya, terkait persiapan dan pelaksanaan upacara HUT Kemerdekan RI pada 17 Agustus 2024 di IKN.

Sebagai masyarakat Kaltim, pemilik sapaan akrab Fecho itu mengucapkan terima kasih atas pengabdian yang luar biasa Bambang dan Wakil Kepala Otorita IKN Dhony Rahajoe sehingga proses pembangunan bisa berjalan sejauh ini.

Sebelumnya, Bambang dan Dhony mundur dari jabatannya. Hal ini diumumkan Menteri Sekretaris Negerara (Mensesneg) Pratikno di Istana Kepresidenan pada Senin, 3 Juni 2024.

Usai ditunjuk sebagai Plt Kepala Otorita IKN, Basuki mengatakan fokus pelaksanaan percapatan pembangunan IKN saat ini menyoal tanah dan investasi. Karena itu, ia berkolaborasi dengan Raja Juli yang berasal dari Kementerian ATR/BPN.

"Ini menyangkut status tanah, sehingga kami akan segera memutuskan status tanah di IKN akan dijual, disewa atau KPBU (kerja sama pemerintah dengan badan usaha)" tutur Basuki.

"Sehingga, para investor tidak ragu lagi lakukan investasi," tambahnya.sinpo

Komentar: