Bertemu Menteri Iklim dan Lingkungan Hidup Norwegia, Sri Mulyani Tekankan Pentingnya Reputasi Indonesia

Laporan: Galuh Ratnatika
Senin, 03 Juni 2024 | 13:25 WIB
Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati. (SinPo.id/Antara)
Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati. (SinPo.id/Antara)

SinPo.id - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menekankan mengenai pentingnya tata kelola yang baik dalam mengelola dana lingkungan hidup, serta pentingnya reputasi Indonesia dalam menarik dukungan internasional.

Hal itu ia sampaikan saat menerima kunjungan Menteri Iklim dan Lingkungan Hidup Norwegia Andreas Bjelland Eriksen, beserta delegasi, mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi), di Istana Merdeka.

"Trust yang muncul terhadap governance dan  the way we manage the fund berdasarkan result dan itu menggambarkan bukan hanya it's not about money but most importantly the reputation of Indonesia untuk bisa menjaga lingkungan hidup kita sendiri. Karena itu penting untuk rakyat kita,” kata Menkeu, dikutip Senin 3 Juni 2024.

Terlebih upaya Indonesia dalam menurunkan emisi karbon sejak tahun 2020 hingga 2023 berhasil melampaui target komitmen penurunan emisi karbon.

Di samping itu, Menteri Iklim dan Lingkungan Hidup Norwegia Andreas Bjelland Eriksen juga mengapresiasi pencapaian Indonesia dalam mengurangi deforestasi hingga 90 persen dan merehabilitasi lahan secara ambisius.

“Indonesia telah mencapai pencapaian yang signifikan dan hasil luar biasa terkait deforestasi dalam beberapa tahun terakhir," kata Menteri Eriksen.

"Jadi apa yang telah dicapai di sini dalam mengurangi deforestasi sebesar 90 persen dan juga merehabilitasi upaya yang sangat ambisius menuju target FOLU Net Sink pada tahun 2030 adalah sesuatu yang harus dan perlu diketahui oleh dunia,” katanya menambahkan.sinpo

Komentar: