Diprotes Kemenag, Garuda Indonesia Janjikan Kompensasi ke Jemaah Haji
SinPo.id - Vice President Umrah dan Haji Garuda Indonesia, Ubay Ihsandi, menyampaikan permintaan maaf atas keterlambatan penerbangan jemaah haji Embarkasi Solo menuju Tanah Suci. Garuda juga berjanji akan memberikan kompensasi kepada jemaah.
"Kami mohon maaf atas keterlambatan penerbangan beberapa kloter jemaah haji Embarkasi Solo. Untuk kloter 43 ini armada sudah siap berangkat sore ini,” kata Ubay, dalam keterangannya, Jumat, 24 Mei 2024.
Permintaan maaf pihak Garuda Indonesia ini disaksikan oleh Staf Khusus Menteri Agama Wibowo Prasetyo, Kepala Biro Humas, Data dan Informasi Kemenag RI Akhmad Fauzin dan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah, Musta’in Ahmad.
Karena, lebih dari seribu jemaah haji Embarkasi Solo yang tergabung dalam kloter 41, 42, dan 43 terpaksa menunda keberangkatannya akibat armada Garuda yang mengalami kerusakan belum siap untuk terbang.
Ubay mengatakan, keluhan jemaah haji adalah untuk meningkatkan layanan Garuda. "Kami berupaya semaksimal mungkin memperbaiki pelayanan di pesawat dan di Bandara King Abdul Aziz Jeddah,” katanya.
Pihaknya juga berjanji akan memberikan kompensasi kepada jemaah haji ketika sampai di Bandara King Abdul Aziz Jeddah. "Setiap jemaah nanti akan kami berikan kompensasi saat landing di Bandara King Abdul Aziz Jeddah," ucapnya.
Sebelumnya, Kemenag minta Garuda Indonesia untuk segera bertindak profesional melakukan perbaikan kinerja agar masalah penerbangan jemaah haji Indonesia tidak terus berulang.
Sebab, penerbangan menjadi satu kesatuan dari proses penyelenggaraan ibadah haji. Keterlambatan penerbangan akan berdampak pada layanan lainnya, termasuk juga pada perasaan jemaah haji Indonesia.