Demokrat Godok Sejumlah Nama untuk Pilkada Jakarta, Anies Tak Masuk

Laporan: Juven Martua Sitompul
Jumat, 24 Mei 2024 | 11:49 WIB
Kepala Badan Komunikasi Strategis Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra. (SinPo.id/Antara)
Kepala Badan Komunikasi Strategis Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra. (SinPo.id/Antara)

SinPo.id - Partai Demokrat tengah menggodok sejumlah nama untuk Pilkada Jakarta. Dari sejumlah nama itu, dipastikan tak ada nama eks Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

"Anies? Tidak. Tidak masuk radar kami," kata Kepala Badan Komunikasi Strategis Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra dalam keterangan tertulisnya, Jumat, 24 Mei 2024.

Herzaky menyebut Jakarta merupakan daerah starategis. Sehingga, ada banyak barometer Demokrat untuk menentukan sosok yang bakal diusung untuk Pilkada Jakarta.

Terpenting, kata dia, sosok yang diusung benar-benar memikirkan kepentingan warga Jakarta. Calon yang dipilih juga harus bekerja untuk rakyat, khususnya warga Jakarta.

"Fokus mengurus Jakarta bukan sekedar menjaga nama tetap jadi perhatian publik ataupun meningkatkan popularitas untuk 2029," kata dia.

Herzaky mengatakan nama-nama yang tengah dipertimbangkan berasal dari internal dan eksternal Partai Demokrat. Untuk pihak internal ada nama mantan Bupati Lebak Iti Jayabaya, mantan Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana, hingga anggota DPRD Provinsi Jakarta Ali Suharli.

"Kalau dari dalam, ada beberapa nama. Di antaranya Teh Iti Jayabaya mantan Bupati Lebak, Teh Cellica Nurrachadiana mantan Bupati Karawang dari srikandi Demokrat. Ali Suharli, anak muda anggota DPRD Provinsi Jakarta. Dan beberapa nama lainnya," katanya.

Sementara untuk sosok eksternal, Demokrat tengah mempertimbangkan anggota DPR RI yang juga Waketum Gerindra Budi Djiwandono, Ridwan Kamil dari Golkar hingga mantan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Indonesia Sudirman Said.

"Kalau eksternal, kami lihat Budi Djiwandono dari Gerindra, anggota DPR RI dari Kaltim. (Budi) sukses pimpin Tim Bravo TKN pas Pilpres 2024 lalu. Kita juga mencermati Ridwan Kamil Golkar, kuat ini Jakarta kalau beliau mau maju di sini. Lalu, ada Pak Sudirman Said, beliau ini sangat kompeten leadership, manajerial, kompetensi teknisnya," ujar Herzaky.sinpo

Komentar: