Siap Beroperasi di Indonesia, Elon Musk Resmikan Layanan Starlink di Bali

Laporan: Galuh Ratnatika
Minggu, 19 Mei 2024 | 16:45 WIB
Elon Musk (SonPo.id/Blombreg)
Elon Musk (SonPo.id/Blombreg)

SinPo.id - Pebisnis asal Amerika Serikat (AS), Elon Musk, hari ini meresmikan layanan Starlink atau penyedia jasa internet berbasis satelit, di Bali. Menurut Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, kehadiran Starlink dapat mengurangi jumlah titik buta internet di daerah-daerah terpencil.

“Daerah-daerah terpencil kita akan bisa di-cover dengan internet yang bagus,” kata Luhut, dikutip Minggu 19 Mei 2024.

Dengan demikian, ketersediaan akses internet di seluruh provinsi dapat merata, dan digitalisasi dalam pemerataan layanan kesehatan, serta pendidikan di Indonesia bisa terus meningkat. Sehingga kehadiran Starlink di Indonesia dapat membantu mengakselerasi transformasi digital.

"Dan yang paling penting, masyarakat yang tinggal di daerah terpencil dapat menikmati akses informasi dan jaringan internet cepat sama seperti halnya mereka yang tinggal di wilayah perkotaan," tuturnya.

Namun, untuk dapat menikmati layanan internet dari Starlink, masyarakat yang menjadi pelanggan harus memiliki perangkat VSAT atau stasiun penerima sinyal. VSAT tersebut dikenakan biaya terpisah dari langganan internetnya.

Ada dua jenis VSAT yang ditawarkan, pertama untuk pelanggan yang menetap seperti di perumahan, dengan harga Rp7.800.000. Kedua, VSAT yang digunakan oleh pelanggan dengan mobilisasi tinggi seperti saat di kapal atau di perairan, ditawarkan dengan harga Rp43.721.590.

Selain itu, Starlink juga menawarkan layanan internet dari paket personal hingga bisnis. Ada tiga jenis paket yang ditawarkan, yakni Residensial, Jelajah, dan Kapal.

Paket Residensial menjadi paket yang paling terjangkau dari semuanya dengan tawaran seharga Rp750.000 perbulan. Kemudian untuk paket Jelajah ditawarkan untuk pelanggan yang sering berpergian, dimulai dari harga Rp990.000 perbulan. Terakhir, Starlink menawarkan paket Kapal yang bisa digunakan untuk berlayar, dimulai dari harga Rp4.345.000 per bulan.

Sementara untuk dapat memesan perangkat VSAT serta paket langganan internet dari Starlink, masyarakat bisa langsung melakukan pemesanan lewat situs web Starlink.com, dan memilih paket yang diinginkan.sinpo

Komentar: