Airlangga Minta Bea Cukai Cs Kerja 24 Jam Keluarkan Ribuan Kontainer Menumpuk

Laporan: Tio Pirnando
Sabtu, 18 Mei 2024 | 15:31 WIB
Airlangga, Sri Mulyani dan Jerry Sambuaga berkunjung ke Pelabuhan Tanjung Priok. (SinPo.id/dok. Kemenko Perekonomian)
Airlangga, Sri Mulyani dan Jerry Sambuaga berkunjung ke Pelabuhan Tanjung Priok. (SinPo.id/dok. Kemenko Perekonomian)

SinPo.id - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto meminta seluruh instansi petugas di Pelabuhan Tanjung Priok bekerja 24 jam alias tidak libur, untuk mengeluarkan 17.304 kontainer yang tertahan di Pelabuhan. 

Hal ini sebagai tindak lanjut dari ditertibkannya Permendag Nomor 8 Tahun 2024 atas perubahan Permendag Nomor 36 Tahun 2023 tentang Kebijakan dan Pengaturan Impor. 

"Saya juga meminta seluruh jajaran Pelabuhan Bea Cukai yang ada di pelabuhan, Kepala Kantor Pelayanan Utama, Direktur Layanan Industri Sucofindo, Surveyor Indonesia, Pimpinan JICT untuk bekerja seperti kapal Saturday, Sunday, holiday included, sehingga semua kerja 24 jam mengeluarkan barang 17 ribu sampai barang ini selesai," kata Airlangga bersama Menkeu Sri Mulyani dan Wamendag Jerry Sambuaga saat berkunjung ke Jakarta Internasional Container Terminal (JICT), Tanjung Priok, Jakarta Utara, Sabtu, 18 Mei 2024. 

Airlangga menjelaskan, diterbitkannya Permendag 8/2024, supaya ribuan kontainer yang menumpuk dapat segera teratasi. Sebab, ini merupakan perintah langsung dari Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Tindak lanjut dari arahan Bapak Presiden kemarin untuk menyelesaikan permasalahan perizinan impor, itu telah diterbitkan Permendag 8 Tahun 2024. Dan hari ini diharapkan, akibat dari Permendag itu, kontainer yang tertumpuk 17 ribu ini bisa segera diselesaikan," ucap Airlangga.

Ketua Umum Partai Golkar ini memastikan, jajarannya akan memantau perkembangan pelepasan kontainer-kontainer tersebut. Karena itu, petugas di Pelabuhan Tanjung Priok diminta untuk bekerja ekstra. 

"Jadi supaya semua kerja 24 jam mengeluarkan barang 17 ribu sampai barang ini selesai. Jadi walaupun itu hari Minggu, walaupun nanti ada libur, arahan Bapak Presiden barang ini supaya segera dapat dikeluarkan," tandasnya.sinpo

Komentar: