KORUPSI PT TELKOM

KPK Akui Usut Dua Kasus Korupsi di PT Telkom

Laporan: david
Selasa, 14 Mei 2024 | 09:16 WIB
Direktur Penyidikan KPK, Asep Guntur (SinPo.id/ David)
Direktur Penyidikan KPK, Asep Guntur (SinPo.id/ David)

SinPo.id - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengakui sedang mengusut dua kasus dugaan korupsi di PT Telkom (Persero). Salah satu kasus yang sedang diusut sudah dalam proses penyidikan.

"Sementara ada dua, yang di sidik (penyidikan) satu yang di lidik (penyelidikan) satu," kata Direktur Penyidikan KPK, Asep Guntur di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Senin 13 Mei 2024.

KPK diketahui sedang mengusut kasus dugaan korupsi proyek server and storage system di anak usaha PT Telkom Indonesia (TLKM), Sigma Cipta Caraka (SCC) atau Telkomsigma.

Kasus korupsi pada anak perusahaan Telkom Group itu terkait pengadaan barang dan jasa yang diduga fiktif. Berdasarkan informasi yang diterima,  KPK sudah menetapkan enam orang tersangka.

Sementara, terkait kasus yang masih dalam tahap penyelidikan, Asep Guntur belum terlalu jauh membeberkannya.

"Yang penyelidikan belum bisa kami sampaikan tentunya karena itu masih dalam penyelidikan," kata dia. 

Asep memastikan penanganan dua kasus terkait PT Telkom akan terus berjalan. Tak tertutup kemungkinan kasus yang masih dalam tahap penyelidikan akan ditingkatkan ke tahap penyidikan.

"Kita lihat, nanti kan kalau dilidik itu bisa nanti setelah diekspose nanti ditentukan bisa menjadi beberapa perkara," tegasnya.sinpo

Komentar: