Menhan AS, Jepang, Australia dan Filipina Bahas Hubungan Pertahanan di Hawaii

Oleh: VOA INDONESIA
Sabtu, 04 Mei 2024 | 05:49 WIB
Hawaii (au.hotels.com)
Hawaii (au.hotels.com)

SinPo.id -  Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin bertemu dengan mitra-mitranya dari Jepang, Australia dan Filipina di Hawaii pada hari Kamis 2 Mei 2024

Berbicara kepada wartawan di Pulau Oahu, Austin mengatakan pertemuan tersebut dimaksudkan untuk memperdalam hubungan pertahanan di antara keempat negara itu.

“Baru tahun lalu di Singapura, menteri-menteri pertahanan dari Australia, Jepang, Filipina dan AS bertemu bersama untuk pertama kalinya. Pertemuan hari ini, pertemuan yang kedua, dibangun berdasarkan momentum itu dan ini membantu memajukan visi yang sama-sama dimiliki demokrasi kita untuk Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka,” kata Austin.

Presiden Joe Biden bulan lalu mengatakan komitmen pertahanan AS atas para sekutu di Pasifik “sangat kuat,” sementara tindakan militer China di kawasan Indo-Pasifik semakin mengkhawatirkan dan provokatif.

Hubungan China dan Filipina menghadapi tantangan karena konfrontasi yang melibatkan kapal-kapal penjaga pantai kedua negara di Laut China Selatan yang disengketakan.

Kapal-kapal penjaga pantai China juga sering mendekati pulau-pulau yang disengketakan di dekat Taiwan di Laut China Timur, yang dikuasai oleh Jepang. [uh/em]sinpo

Komentar: