DPR Minta BUMN Ikut Majukan Potensi UMKM dalam Pengembangan Bisnis

Laporan: Galuh Ratnatika
Rabu, 24 April 2024 | 14:37 WIB
Anggota Komisi VI DPR RI Eko Hendro Purnomo. (SinPo.id/Parlementaria)
Anggota Komisi VI DPR RI Eko Hendro Purnomo. (SinPo.id/Parlementaria)

SinPo.id - Anggota Komisi VI DPR RI, Eko Hendro Purnomo, meminta Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak di sektor pariwisata dan aviasi untuk ikut memajukan potensi UMKM Indonesia dalam setiap pengembangan bisnis.

Karena menurutnya, Holding PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau InJourney, selama ini cenderung memilih bekerja sama dengan brand luar dibandingkan dengan brand lokal.

"Untuk Injourney Airport terkait kerja sama dengan UMKM itu realisasinya seperti apa karena di lapangan saya belum melihat di mana letak sentra-sentra UMKM-nya. Saya selama ini hanya melihat deretan toko-toko branded saja kalau ke Bandara," kata Eko dalam sebuah pernyataan, dikutip Rabu 24 April 2024.

Kemudian, ia juga menyinggung maskapai Garuda Indonesia yang pernah menjalin kerja sama dengan produk minuman asal Jepang Pocary Sweat yang notabene brand luar negeri.

"Kenapa tidak melakukan kerja sama dengan brand lokal dalam negeri yang mulai berhasil. Kenapa tidak memilih memanjakan dan memajukan produk-produk dari Indonesia karena Garuda membawa nama Indonesia," tegasnya.

Di samping itu, kata Eko, berdasarkan pengalamannya, maskapai Garuda justru kerap menyajikan makanan internasional dibanding sajian makanan lokal yang menjadi ciri khas Indonesia.

"Kenapa tidak disajikan makanan khas daerah di Indonesia seperti rendang, nasi uduk, nasi ulam dan sebagainya. Makanan penutupnya juga bisa ya dengan kue-kue tradisional," paparnya.

"Pengalaman saya naik maskapai Turki misalnya, itu mereka menyajikan jenis makanan negaranya sehingga kita sebagai penumpang ada rasa ingin tahu apa namanya makanan tersebut," kata Eko menambahkan.sinpo

Komentar: