ARTOTEL Gelora Senayan Mulai Beroperasi, Usung Konsep Sport-Entertainment

Laporan: Tim Redaksi
Selasa, 23 April 2024 | 13:53 WIB
ARTOTEL Gelora Senayan. (SinPo.id/Dok. Pribadi)
ARTOTEL Gelora Senayan. (SinPo.id/Dok. Pribadi)

SinPo.id - ARTOTEL Gelora Senayan resmi beroperasi pada Senin, 22 April 2024. Hal ini ditandai dengan penandatanganan Nota Kesepahaman antara Direktur Utama Pusat Pengelolaan Komplek Gelora Bung Karno (PPKGBK) Rakhmadi Afif Kusumo dengan Pendiri & CEO Artotel Group Erastus Radjimin.

Proses transisi pengalihan pengelolaan manajemen hotel dari manajemen sebelumnya sudah berlangsung sejak Desember 2023, diawali dengan proses tender terbuka yang ditandai dengan kegiatan market expose diikuti oleh puluhan operator hotel.

Berlangsung secara transparan dan melalui tahapan professional tender yang dilakukan oleh pihak PPKGBK dengan beberapa operator hotel di Indonesia.

Hal ini juga merupakan ukiran sejarah baru bagi PPKGBK, di mana penunjukkan pengelolaan hotel dengan pola Kerjasama Manajemen (KSM) yang baru ini terjadi setelah 30 tahun menggunakan pola Kerja Sama Operasional (KSO) dengan mitra sebelumnya.

Dengan mengusung tagline 'The triumphant story of Indonesia’s new cultural oasis, uniting the best of sport, art, and entertainment', memberikan penekanan pada persatuan tiga elemen penting yang menjadi pilar dari GBK. Menandakan keberhasilan dalam pembaharuan dan transformasi area komersil GBK juga menggambarkan komitmen GBK dalam mengintegrasikan dan memperkuat hubungan antara olahraga, kesenian, dan hiburan.

Tagline ini mengkomunikasikan sebuah kisah keberhasilan -- sebuah oasis baru yang telah muncul di Indonesia, menawarkan pengalaman yang beragam dan dinamis, dan menjadi simbol dari perpaduan kekayaan budaya nasional dengan semangat modernisasi dan keberlanjutan. Inilah yang menjadi karakter unik dari ARTOTEL, Gelora Senayan dan memberikan nafas baru bagi kawasan Gelora Bung Karno sebagai sebuah destinasi gaya hidup baru di pusat kota metropolitan Jakarta yang menyatukan berbagai aspek kehidupan budaya dan sosial di Indonesia.

Hotel ini akan mengalami proses peremajaan dan renovasi secara bertahap dengan design yang lebih modern dengan sentuhan seni dan mengimplementasikan prinsip environmental, social, and governance atau ESG.

ARTOTEL Gelora Senayan memiliki 594 kamar, 120 kamar kita dedikasikan khusus untuk Atlet dan Pelatnas, dan 474 kamar untuk umum dengan sembilan tipe kamar, yakni superior, deluxe, family, executive club, premium, junior suite, executive suite, artsy suite, dan presidential suite.

Di samping itu, terdapat beberapa fasilitas seperti Lidah Lokal All Day Dining yang menyajikan beragam hidangan lokal maupun internasional, Buka Mata Coffee Shop, satu ballroom, sembilan meeting room, kolam renang, lapangan tenis dan ARTSPACE sebagai fasilitas khas ARTOTEL.

Direncanakan, hotel ini juga akan dilengkapi dengan fasilitas sport recovery serta beragam wellnes program lewat kerja sama dengan aneka acara kebugaran seperti Jakarta Running Festival dalam hal penyediaan sarana akomodasi bagi para peserta acara.

Founder & CEO Artotel Group Erastus Radjimin menjelaskan bahwa menjelang berakhirnya kerja sama area Blok 18 pada tahun 2023, PPKGBK melakukan serangkaian pembahasan intens dengan Direktorat Pembinaan Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum (PPKBLU) Kementerian Keuangan untuk membahas opsi perubahan pola kerja sama dalam pengelolaan area Blok 18.

Menurutnya, dengan pertimbangan optimalisasi pemanfaatan aset, peningkatan pengembangan inovasi skema layanan pengelolaan kawasan, dan peningkatan kontribusi kepada negara secara maksimal, serta sesuai dengan hasil kajian yang dilakukan oleh internal PPKGBK dan juga didukung oleh hasil kajian Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN), maka manajemen PPKGBK memutuskan untuk mengubah pola kerja sama area Blok 18 dari KSO menjadi Kerjasama Manajemen (KSM).

“Dengan penerapan pola KSM akan dilakukan rebranding dan renovasi besar terhadap area Hotel dengan mengusung konsep ramah lingkungan, Modern Clean Minimalist, dengan tetap mempertahankan kelas hotel bintang empat, serta menjaga dukungan terhadap olahraga nasional dengan memperbaiki dan menambah fasilitas kamar untuk atlet nasional.” katanya dalam keterangan pers yang diterima pada Selasa, 24 April 2024.

“Sebagai sebuah jenama karya anak bangsa, Artotel Group sangat bersyukur atas kepercayaan yang diberikan PPKGBK untuk mengelola ARTOTEL di kawasan bergengsi ini. Amanah PPKGBK menjadikan kawasan Gelora Bung Karno untuk mencapai posisi gemilang di mata dunia sebagai pusat kultur, sport, pariwisata dan kesenian Indonesia akan kami dukung penuh. Komitmen Artotel Group atas visi ini kami wujudkan lewat renovasi dan pembaruan secara masif. Rencana kami, di bulan Oktober 2024, publik akan bisa menikmati wajah serta kualitas baru dari Fase 1 pembaruan hotel," sambungnya.

Ia menerangkan, akan ada beberapa fase yang kami jalani untuk mencapai tingkat ideal. Perjalanan kami masih panjang dan dengan rendah hati, kami memohon doa restu dan dukungan publik atas semua rencana kami. Kami akan memberikan perubahan secara nyata untuk para stakeholder hotel.

"Artotel Group sebagai operator manajemen asli Indonesia yang sangat memperhatikan sustainable business secara menyeluruh ESG, juga kini turut andil dalam pengembangan sumber daya manusia melalui pendidikan dan pelatihan, khususnya di bidang perhotelan dan pariwisata dengan meluncurkan Artotel Group Learning Center (AGLC), sebuah divisi learning and development untuk para profesional di industri perhotelan dan pariwisata, pada bulan Maret 2024. Hal-hal tersebut yang membuat Artotel Group berbeda dengan operator lokal lainnya di Indonesia,” tambah Erastus.

Dalam rangka pembukaan, terdapat promo menginap mulai dari Rp 999.000net per malam sudah termasuk sarapan untuk dua orang. Promo ini berlaku mulai dari 16 April hingga 15 Juni 2024. Untuk reservasi dapat menghubungi nomor telepon +62 21 5095 9000, nomor Whatsapp +62 812 8019 9000 dan situs resmi artotelgelorasenayan.com Sedangkan untuk info terkini mengenai hotel dapat mengikuti akun Instagram @artotelgelorasenayan.sinpo

Komentar: